Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WALI KOTA BERHARAP MUSEUM JADI LABORATORIUM SEJARAH

Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto berharap museum tidak hanya menjadi tempat untuk memajang benda-benda bersejarah, tetapi juga menjadi laboratorium lapangan dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran sejarah. "Mata pelajaran sejarah seharusnya tidak hanya dilakukan dengan cara menghapal materi, tetapi juga harus dilakukan dengan cara diskusi," kata Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto di sela-sela pembukaan Museum Perjuangan Expo di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, siswa perlu lebih sering diajak ke museum khususnya pada saat jam pelajaran sejarah, sehingga dapat mendiskusikan secara langsung terkait materi pelajaran di museum sehingga akan lebih menarik dan bisa langsung memahami peristiwa yang terjadi. Ia mengatakan, akan segera membicarakan mengenai wacana tersebut dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk mengubah kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran sejarah di museum. "Ini akan saya usulkan, mengapa tidak melakukan pelajaran sejarah di museum. Nanti ada diskusi antara guru dan murid dengan tema sesuai kurikulum," katanya.

Selain untuk menunjang kegiatan pariwisata dan pelajaran sejarah, ia juga mengatakan bahwa museum juga dapat menjadi sarana pembangunan karakter masyarakat.

"Saya juga berharap, tahun kunjungan museum yang sudah dicanangkan tidak hanya berjalan selama satu tahun, tetapi berlanjut di tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Sementara itu, anggota pionir Sahabat Museum Suryadin Laoddang mengatakan, kondisi museum di Yogyakarta masih cukup memprihatinkan. "Dengan harga tiket masuk yang sudah murah pun, kunjungan ke museum tidak terlalu banyak. Jadi, ada sesuatu yang belum tepat dalam pengelolaan museum. Ini yang perlu dibenahi," katanya.

Di antaranya adalah jenis koleksi, keterbatasan sumber daya manusia yang bertugas memandu pengunjung museum serta suasana di dalam museum.

Ia mengatakan, sejumlah upaya telah dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap museum, salah satunya rutin melakukan kunjungan ke museum bersama seluruh anggota Sahabat Museum yang berjumlah 82 orang.

"Kami juga mengajak anggota asrama mahasiswa untuk mengikuti kegiatan kunjungan ke museum," katanya.
Hasil dari kunjungan ke museum tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk tulisan reportase dari sudut panjang pengunjung termasuk rekomendasi atas kekurangan-kekurangan museum. [@.hbo]

===============================================================

Wali Kota Berharap Museum Jadi Laboratorium Sejarah

19 May 2011 14:09 Media Online Bhirawa

Yogyakarta,Bhirawa

SUMBER : http://www.harianbhirawa.co.id/demo-section/berita-terkini/30714-wali-kota-berharap-museum-jadi-laboratorium-sejarah


Post a Comment for "WALI KOTA BERHARAP MUSEUM JADI LABORATORIUM SEJARAH"