Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Fotografi Bersama Fotografer Asal Makassar

Ngomongin bisnis e-commerce dan jualan online, tidak dapat diingkati bahwa fotografi produk memegang peranan besar dalam perilaku dan kepetusan pembelian pelanggan. Menggunakan gambar menawan dan berkualitas tinggi untuk produk jualan online akan menjadi aset terbesar toko onlinemu untuk meningkatkan konversi.

Lantas bagaimana membuat fotografi produk yang bagus untuk toko online? Mari intip 5 tipsnya dibawah ini:

1. Kamera

Modal awal yang wajib disiapkan adalah kamera. Kini, hampir semua orang memiliki kamera, minimal menggunakan kamera handphone untuk fotografi produk mereka. Seperti apakah jenis kamera yang baik? Apakah harus menggunakan kamera DSLR? Tidak harus menggunakan kamera berharga mahal untuk menciptakan gambar produk yang bagus, setidaknya gunakan kamera yang memiliki pengaturan exposure dan aperature manual.

2. Studio foto

Studio foto standart minimal, yang terpenting adalah tempat yang memiliki cukup ruang untuk memasang/mengganti backdrop dengan mudah dan memungkinkan untuk mengambil berbagai sudut foto produk yang berbeda-beda. Ruang tamu atau teras bisa jadi pilihan Anda, tetapi jika ingin mendapatkan hasil foto produk konsisten, sebaiknya gunakan tempat/lokasi yang tetap.

Untuk membuat studio foto sendiri, kamu cuma perlu sebuah ruangan, meja, gulungan kertas putih untuk membuat backdrop lembut dibelakang produk serta beberapa tambahan lakban. Jangan lupa tripod, menggunakan tripod untuk menstabilkan kamera saat mereka foto produk dan juga akan membantu untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam waktu yang singkat.

3. Pencahayaan

Ini juga merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam fotografi produk. Jika kamu tidak memiliki pencahayaan yang tepat, hasilnya tidak akan bagus. Ada beberapa teknik pencahayaan berbeda yang dapat digunakan untuk gambar produk digital seperti pencahayaan terus menerus atau flash, namun yang perlu diingat adalah hindari pencampuran berbagai jenis pencahayaan. Dengan memperhatikan pencahayaan akan membantu untuk menangkap gambar produk yang lebih realistis.

4. Styling Produk

Untuk mendapatkan hasil yang bagus serta efektifitas kerja fotogrfi dibutuhkan selama fase pasca-produksi, disarankan untuk benar-benar mempersiapkan produk sebelum memulai pemotretan. Berikut terdapat beberapa saran:
Perbaiki kekurangan produk seperti noda atau tombol hilang.
Hilangkan label, stiker, tag, dan debu.
Gunakan steamer untuk menghilangkan keriput dan lipatan.
Tampilkan bentuk produk: dalam kasus produk pakaian, gunakan manekin untuk membantu pelanggan mengukur produk agar pas/sesuai.


5. Post Produksi

Langkah terakhir dari gambar produkmu adalah harus diedit oleh seorang graphic designer atau professional. Minimal, kamu perlu memastikan bahwa warna produk seseuai. Disarankan menetapkan panduan gaya per kategori produk sehingga semua gambar diedit secara konsisten. Kamu juga harus mempertimbangkan mengambil standar gambar pasar saat ini dengan mendefinisikan spesifikasi gambar berikut:

Ukuran
Margin (atas, bawah, kiri, kanan)
Alignment (atas, tengah, bawah)
Warna Latar Belakang
Jenis Bayangan

Itulah 5 tips sederhana yang bisa kamu gunakan untuk membuat fotografi produk lebih bagus dan menarik. Selamat mencoba!

Pengen belajar lebih dalam bagaimana cara membuat Foto Produk untuk Jualan Online. Ikuti Pelatihan Foto Produk Jualan Online bersama Yose Rizal, fotografer professional dari Kota Solo. Pemilik Yozh Foto Studio Solo. Murid dari Fotografer kawakan Andreas Darwis Triadi.

Apa saja yang dipelajari di Pelatihan ini :
1. Filosofi Foto yang menggoda mata konsumen
2. Prinsip kerja Kamera
3. Menentukan sisi menarik daya jual produk Anda
4. Menciptakan latar foto dengan murah dan mudah
5. Membuat Foto Box foto
6. Belajar tehnik pencahayaan buatan
7. Belajar tehnik pencahayaan alami
8. Menentukan arah dan sudut pengambilan gambar
9. Editing gambar sederhana
10. Fasilitas KONSULTASI Seumur Hidup

Acara dilaksanakan :

Tempat :
Hotel Tune Gedong Kuning Yogykarta
Jl. Gedongkuning Sel. No.118, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu :
Rabu, 17 Agustus 2016
Jam 08.00 sd 16.00 WIB

Pendaftaran
Investasi Rp. 500.000
Transfer ke Rekening Bank BCA KCU Yogyakarta An.: Khilyatus Saadah
Konfirmasi Bukti Transfer Via WA ke 081 579 248 97

Post a Comment for "Belajar Fotografi Bersama Fotografer Asal Makassar"