Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pulau Indah dengan Destinasi Memukau, Lombok

Dosen Jualan - Lombok, bukan bahasa Jawa dari cabai. Namun nama pulau yang bermakna ‘lurus’ = lomboq (bahasa Sasak) yang terletak di bagian selatan Indonesia. Pulau yang berdekatan dengan pulau Bali ini tepatnya berada di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh selat lombok dari Bali di sebelah barat dan selat alas di sebelah timur dari Sumbawa. (Wikipedia. 2019). Tahun 2018, pulau Lombok dinobatkan menjadi pulau terbaik ke-3 dari 15 pulau terbaik di dunia versi Travel and Leisure.

Pulau dengan julukan pulau seribu masjid ini memiliki destinasi wisata yang sangat sayang dilewatkan untuk agenda liburan. Destinasi-destinasi wisata indah yang ada di Lombok tidak hanya dikunjungi wisatawan domestik. Namun juga wisatawan mancanegara. Destinasi cantik tersebut diantaranya yaitu pantai Senggigi, gunung Rinjani, pantai Kuta (Lombok), Gili Air, pantai Tanjung Aan, bukit Merese, Gili Trawangan dan lain sebagainya.

Penulis bersama pesepeda dari Klaten dan Jogja di Lombok


Kebetulan Dosen Jualan insya Allah pada bulan April ini akan berkunjung ke Lombok. Dosen Jualan diundang sebagai Consultant Digital Marketing oleh kursus bahasa Inggris, kampung bahasa Inggris di Lombok. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman untuk mengoptimalkan digital marketing dalam bisnis.

Tiket pesawat ke Lombok biasanya saya pesan melalui pegipegi.com. Pegipegi merupakan salah satu perusahaan yang melayani tiket pesawat, tiket kereta api, dan pemesanan hotel melalui situs web ataupun aplikasi gratis untuk android. Aplikasi di androidnya sangatlah ringan, tidak banyak mengambil space memory HP, versi websitepun juga demikian ringan dan cepat. Kelebihannya lainnya, adalah fiturnya yang sangat user friendly, bersahabat dan mudah digunakan.

Kembali tentang pulau Lombok, pulau Lombok menjadi kenangan tersendiri bagi Dosen Jualan. Undangan sebagai Consultant Digital Marketing membuat Dosen Jualan bernostalgia mengingat kenangan masa lampau. Pasalnya 2 tahun silam, Dosen Jualan diajak teman-teman asal Lombok untuk mountain bike, bersepeda mengitari perbukitan, sekitar gunung Rinjani.

Diketahui dari sumber indonesiakaya.com bahwa gunung Rinjani merupakan salah satu pesona keindahan alam eksotis atap Lombok dengan ketinggian 3.726 mdpl. Ketinggian tersebut merupakan peringkat kedua gunung api tertinggi di Indonesia. Tak berlebihan, gunung Rinjani terkenal dengan pemandangan paling indah se-Asia.

Lombok dengan penduduk asli dari suku Sasak, menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa keseharian selain menggunakan bahasa Indonesia. Namun untuk beberapa tempat di Lombok Barat dan kotamadya Mataram dapat dijumpai perkampungan menggunakan bahasa Bali.

Kebudayaan ada, untuk membentuk peradaban. Tak hanya bahasa yang menjadi kebudayaan dari  Lombok, namun tarian juga turut membentuk peradaban di Lombok. Perdaban yang sejatinya turut menopang kesejahteraan masyarakat. Suku Sasak, suku asli Lombok, memiliki tarian tradisional yang merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan. Tarian tersebut antara lain tarian Gandrung, Rudat, Oncer, Gandeng Baleq dan tarian lainnya. Tarian-tarian ini identik dengan pakaian yang sopan.
Pamer perut dalam foto bersama Juragan Sprei dari Klaten
Setiap daerah memiliki kuliner khas yang menjadi daya tarik tersendiri agar wisatawan datang mengunjuni daerah tersebut, begitu pula Lombok. Masakan khas Lombok biasanya khas dengan cabai yang menggelora. Hal ini selaras, lantaran penduduk asli Lombok penyuka makanan dengan cita rasa pedas. Makanan tersebut misalnya Nasi Balap Puyung. Kekuatan masakan ini yaitu pada rasa pedas bumbu yang sederhana. Selain itu, bebalung, terbuat dari tulang iga sapi/kerbau dengan kuah spesial yang berbeda dan tidak didapat di masakan manapun.

Plecing Kangkung, sebagian orang mungkin menganggap masakan ini berasal dari pulau Dewata, Bali. Namun masakan ini ternyata berasal dari Lombok. Komposisi dasar Plecing Kangkung ini yaitu kangkung rebus dengan siraman sambal tomat dan terasi. Sedangkan ciri khas Plecing Kangkung dari Lombok yang membuat berbeda dengan yag lainnya yaitu kangkung bersiram sambal tersebut disajikan dengan tambahan perasan jeruk limau dan terdapat sayuran taoge rebus.
Masih tentang Lombok di beda lokasi dan tahun, akan ada gelaran MotoGP, kelas utama dari seri balapan Gran Prix Sepeda Motor. Pelaksaan MotoGP insya Allah jatuh pada tahun 2021 yang bertempatan di Mandalika. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Mandalika memiliki pesona keindahan alam dengan pantai dan bawah laut yang memukau. Pantai dengan pasir putih dan deburan ombak yang menyenangkan hati setiap penikmatnya. Bawah laut dengan terumbu karang dan ikan yang menari membuat diri enggan beranjak dan ingin terus menyelam.

Penulis bersama Anak Pantai Lombok

Mandalika merupakan bagian dari Lombok tepatnya berlokasi di kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kawasan wisata ini, sejak 2017 diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Nama Mandalika diambil, tak lepas dari cerita rakyat yang mengakar menjadi kepercayaan. Alkisah bahwa dulu ada seorang puteri yang terkenal parasnya yang cantik, secantik sifatnya. Ia bernama Mandalika. Berkat kecantikan lahir batin itu, membuat hati setiap pangeran ingin mempersuntingnya. Mandalika memilih untuk bersemedi terlebih dahulu sebelum memutuskan pangeran mana yang akan mempersuntingnya. Singkat cerita, putri Mandalika tidak ingin adanya pertikaian. Maka, putri Mandalika memutuskan untuk menceburkan diri ke laut kemudian ditelan ombak. Cerita rakyat tersebut dipercaya oleh suku Sasak sehingga berdasarkan itu, diadakanlah festival Pesona Bau Nyale yang diselenggarakan setiap tahun.

Post a Comment for "Pulau Indah dengan Destinasi Memukau, Lombok"