Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ADIN DITIPU PENCARI DARAH AB

Adin Ditipu Pencari Darah AB

Kamis, 13 Januari 2011 00:35 WIB

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Rina Eviana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA  - Tidak selamanya niat tulus untuk menyelamatkan nyawa sesama manusia berujung indah. Itulah yang pernah dialami Suryadin Laoddang (31), pria asal Wajo, Sulawesi Selatan. Pria yang akrab dipanggil  Adin ini pernah tertipu orang yang mengaku butuh golongan AB di Solo.

"Waktu itu ada SMS berantai, juga beredar di Facebook, mahasiswa UNS Solo  kritis di RS dr Oen. Dia butuh donor darah AB secepatnya," kata Adin saat ditemui Tribun Jogja, di Glagah Sari, Yogyakarta, Jumat (7/1/2011).

Adin, ketua Komunitas AB (orang-orang yang memiliki golongan darah AB), kala itu merasa terpanggil untuk menyumbangkan darahnya. Maklum, pemilik golongan darah jenis AB tergolong langka.

"Setelah saya telusuri sampai RS dr Oen ternyata tidak ada nama pasien itu di bangsal yang disebutkan. Saya tertipu," kenangnya. 

Kepala Bagian Umum Sarana dan Prasarana Poltekes Permata Indonesia Yogyakarta ini mengatakan, berbagi harapan dan kehidupan dengan menyumbangkan darah AB bagi yang butuh merupakan panggilan bagi Komunitas AB. Itulah salah satu alas an mengapa komunitas pemilik golongan darah AB ini dibentuk. 

"Berdasarkan riset, insan yang bergolongan darah AB dari 100 orang hanya satu saja yang bergolongan darah ini," beber Adin.

Komunitas AB berdiri tahun 2007, bermula dari kegelisahan Imam Maulana yang menulis surat pembaca di salah satu koran di Yogyakarta.
Adin bercerita, Imam, yang juga bergolongan darah AB, kala itu menuliskan kekhawatirannya atas dengan minimnya pemilik golongan darah AB. 

"Orang yang bergolongan darah ini selalu kesulitan mencari darah jika mereka butuh," ujar Adin.

Surat pembaca Imam disambut baik pemilik golongan darah AB yang membacanya.  Sambutan itu datang, antara lain, dari Adin, Arif Agus, Azizah, AA Kunto, Taufik Yudonono, Dayik Sunaryadi, dan Pardjiman. Bersama Imam, mereka akhirnya mendeklarasikan berdirinya Komunitas AB.

Kini, di usianya ke tiga, komunitas ini beranggotakan sekitar 300  orang bergolongan darah AB. Adapun anggota aktif sekitar 30 orang.

Azizah (38), bendahara komunitas ini mengatakan, banyak pihak yang memanfaatkan komunitas AB, termasuk yang hendak melakukan  penipuan.  "Makanya kalau ada yang mengaku butuh darah AB, kami bener-bener cek dan ricek," tegas  Azizah.

Post a Comment for "ADIN DITIPU PENCARI DARAH AB"