Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KEMENBUDPAR SIAPKAN STANDARISASI MUSEUM

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menyiapkan standarisasi museum sebagai bagian dari revitalisasi museum.

"Standarisasi museum ini sudah disiapkan sejak satu tahun lalu dan bukan dibuat hanya karena adanya kasus pencurian di sejumlah museum," kata Direktur Museum, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Intan Mardiana di seminar Museum dan Masa Depan Bangsa di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Menurut dia, standarisasi museum tersebut akan mengatur sejumlah sarana dan prasarana yang harus dimiliki sebuah museum, kondisi gedung, pengelola museum, sistem keamanan termasuk fasilitas closed circuit television (CCTV).

Pembuatan standarisasi museum tersebut ditargetkan dapat selesai pada Desember 2011 yang akan diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) yang merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya. "Kami akan mulai menyosialisasikan standarisasi museum ini tahun depan ke seluruh museum di Indonesia, baik yang dikelola swasta atau pemerintah," katanya.

Sementara itu, Pionir Sahabat Museum Yogyakarta Suryadin Laoddang mengatakan, standarisasi museum tersebut seharusnya juga mengatur sistem dan pengelolaan koleksi, tidak hanya menyangkut sarana fisik museum. "Sumber daya manusia yang mengelola atau menjalankan museum juga perlu revitalisasi, seperti penjaga museum. Mereka seharusnya bukan hanya pegawai yang dimuseumkan," katanya.

Pegawai museum, lanjut dia, harus memiliki pengetahuan yang detil mengenai sejarah museum serta berbagai benda yang menjadi koleksi sehingga bisa memberikan penjelasan kepada pengunjung.

Ia juga berharap, seluruh pihak seperti pegawai museum, masyarakat, pengunjung, pecinta museum, sejarawan, budayawan, akademisi, pelaku pariwisata dan berbagai pihak lain dapat dilibatkan dalam pembahasan peraturan pemerintah tersebut. "Selain itu, perlu dihindari nuansa politis dalam pembuatan peraturan pemerintah itu," katanya. (Pusformas*)

==================================================
Kemenbudpar Siapkan Standarisasi Museum

SUMBER : http://www.budpar.go.id/page.php?ic=511&id=6742

Post a Comment for "KEMENBUDPAR SIAPKAN STANDARISASI MUSEUM"