Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbisnis Tusuk Sate Dan Meraup Puluhan Juta Rupiah

Masyarakat Indonesia tentunya sudah akrab dan tahu dengan makanan sate. Ya makanan ini sangat mudah untuk di temui di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai jenisnya. Di balik bisnis kuliner sate, ternyata terdapat peluang usaha yang sangat menarik, yaitu dari pembuatan tusuk sate itu sendiri.

Terbuat dari bahan utama bambu, bisnis pembuatan tusuk sate ternyata sangat menjanjikan. Salah satu pemainnya adalah masyarakat di Kampung Pasir Tunagan Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Menggeluti usaha pembuatan tusuk sate secara turun temurun, Masyarakat di kampong ini sanggup memproduksi puluhan ton tusuk sate per minggunya. Tusuk sate buatan kelompok usaha ini memiliki panjang 20 sentimeter (cm) sampai 22 cm (Ukuran Bisa di Sesuaikan Permintaan Konsumen).

Proses pembuatan tusuk sate dari kelompok usaha masyarakat wangunjaya ini masih menggunakan cara manual, baik dari awal sampai akhir semua prosesnya masih menggunkan cara manual, sehingga Menghasilkan Produk Tusuk Sate Yang Halus - Bersih - Higienis Dan Kering. Tusuk sate karya warga wangunjaya terbuat dari bambu asli 100%, jadi bisa di pastikan aman dari bahan berbahaya dan di jamin tidak jamuran.

Ketebalan pada diameternya di bedakan antara tusuk sate kambing dan tusuk sate ayam. Biasanya tusuk sate kambing memiliki diameter 3 milimeter (mm), sedangkan tusuk sate ayam memiliki diameter 2,5 mm. Tusuk sate ayam lebih tipis karena rata-rata isi satenya lebih banyak.




Mayoritas pembelinya masih di sekitar wilayah Cianjur dan sekitarnya, seperti cipanas, puncak, ciranjang, sukabumi, bogor. Kedepannya tusuk sate ini diharapkan bias sampai melayani pemeblian sampai Seluruh Pelosok wilayah Indonesia.

Nah mengenai harga tusuk sate dari warga wangunjaya, sangat murah di banding yang lain. Karena warga menjualnya berdasarkan ikat bukan kiloan, jadi bisa di pastikan anda akan mendapatkan lebih banyak tusuk sate, selain berdasarkan ikat warga menjualnya berdasarkan bijian atau batang, dan ini juga berfariasi sesuai ukuran. Berikut ini daftar harga tusuk sate karya warga wangunjaya.

1 ikat kecil dengan jumlah 60 batang berukuran 21 sentimeter ( cm ) warga menjualnya sekitar Rp.1.500,- saja dan 1 pasang kecil berisi 120 batang berukuran 21 sentimeter ( cm ) di jual Rp.3.000,-.

1 ikat besar dengan jumlah batang banyak berukuran 18 sentimer ( cm ) di jual dengan harga Rp.5.000,- saja dan 1 pasang besar dengan ukuran 18 sentimiter ( cm ) di jual dengan harga Rp.10.000,-. 1 pasang besar biasanya berisi sangat banyak tusuk sate, ini kebanyakan yang banyak diminati di pasaran.

Selain menjual dengan system ikat, warga juga menjualnya berdasarkan Kiloan (Kg), harga kiloan bervariasi berdasarkan ukuran panjang dan diameter, ini bisa di sesuaikan berdasarkan pesanan. Nah kami akan menguraikan daftar harga tusuk sate hasil warga wangunjaya berdasarkan tahun, tiap tahunnya tusuk sate hasil warga wangunjaya mengalami kenaikan, semua itu berdasarkan kualitas tusuk sate itu sendiri.

4 faktor berikut adalah yang menjadi acuan harga tusuk sate terus naik.

1. Kekeringan

Apakah Tusuk Sate nya kering sehingga awet dalam masa pengiriman hingga pengguna atau pembeli terakhir. Karena harga tersebut menjadi 'tidak murah' bahkan berubah menjadi kerugian total ketika harga per kilogram misalnya Rp.14.000,- namun begitu di simpan 4 hari sudah dipenuhi jamur dan berubah warna bintik-bintik, bau nya apek dan seterusnya. Nah hal seperti inilah yang perlu di perhatikan.

2. Keras dan Tajam

Tusuk sate memang tidak hanya digunakan untuk menusuk daging saja, kadang menusuk bahan yang serupa. Namun secara umum sifat tusuk sate yang diperlukan adalah Kuat, Keras, Tajam, Seragam dengan warna cerah dan bersih. Pertanyaan berikut mungkin akan menyadarkan kita, Maukah misalkan kita beli tusuk sate harga Rp. 10.000,- namun ternyata dari 1200 tusuk dalam sekilonya ada, 300 tusuk tumpul, atau rusak dan pecah-pecah, mudah patah??

3. Seragam ukurannya bersih dan warnanya cerah bersih

Warna cerah dan bersih sangat mempengaruhi cita rasa penyajian. Oleh karena itu penjual sate dan kuliner suka memilih apapun sajiannya yang kesannya bersih dan higienis. Karena kebersihan adalah kriteria yang masuk ke semua konsumen. Tusuk sate hasil warga wangunjaya menghasilkan warna cerah, kering dan bersih serta halus.

4. Lokasi dan jenis market

Kualitas makanan di warung tenda, remang-remang, kafe, resto dan rumah makanan memiliki standart berbeda, baik kualitas hingga prosedur penyajian. Sehingga sesama penyedia kuliner yang membutuhkan tusuk sate masing - masing memiliki kualifikasi berbeda juga.

Harga rata-rata tahun 2003 per kilogram Rp.5000,-/kg (Terendah 3000/Kg-Tertinggi 7500/kg).

Harga rata-rata tahun 2004 per kilogram Rp. 5500,-/Kg.

Harga rata-rata tahun 2006 per kilogram Rp. 6000,-/Kg.

Harga rata-rata tahun 2008 per kilogram Rp. 7600,- /Kg.

Harga rata-rata tahun 2010 per kilogram Rp. 8000,-/Kg.

Harga rata-rata tahun 2012 per kilogram Rp. 8500,-/Kg (Januari -Februari).

Harga rata-rata awal tahun 2013 per kilogram Rp. 13.000,-/Kg (Terendah 8000/Kg - Tertinggi 28000/Kg).

Harga rata-rata hingga Mei 2013 per kilogram Rp. 16.000,-/Kg.

Harga rata-rata hingga September 2013 per kilogram Rp.17.800,-/Kg.

Harga rata-rata hingga Desember 2014 per kilogram Rp. 18.350,-/Kg.

Harga rata-rata hingga Maret 2015 per kilogram Rp. 21.450,-/Kg.

Untuk hari ini tusuk sate dalam ukuran 21cm x 2,5 mm berisi kurang lebih 1200 tusuk, harganya Rp 25.000,-/kg berarti per tusuk harganya hanya Rp. 20,- saja, dan ini akan terus naik sesuai perkembangan trend pasar. Tapi tentunya ini sangat murah bukan di bandingkan dengan yang lain, karena harga sesuai dengan kualitas yang akan anda dapatkan.

Untuk melakukan pemesanan tusuk sate ini anda bisa menghubungi kami melalui.

Alamat : Kampung Pasir Tunagan Desa Wangunjaya Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Nama : Dodi Setiyanto

SMS/WA : 085793172339

E-mail : dik.setya@gmail.com

Fanspage : https://www.facebook.com/Tusuk-Sate-Murah-1025946614181692/





Post a Comment for "Berbisnis Tusuk Sate Dan Meraup Puluhan Juta Rupiah"