Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mukena Bali : Peluang Bisnis Mengiurkan Menjelang Bulan Puasa

Pulau Bali dari dulu terkenal akan eksotisme keindahan alam beserta hasil karya seninya. Tak jarang wisatawan yang berkunjung ke Bali, selalu membawa oleh-oleh souvenir khas Bali. Bahkan banyak yang merasa belum lengkap jika pulang dari Bali tanpa membawa buah tangan.

Salah satu produk khas Bali yang beberapa tahun terakhir ini menjadi buah bibir adalah Mukena Bali. Seiring dengan maraknya bisnis online, mukena Bali menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Bukan hanya warga Bali yang jualan, para marketer luar Bali pun banyak yang menjual mukena Bali dengan sistim dropship.


Kesempatan ini tentu tak ingin kami lewatkan. Bermula dari perkenalan kami dengan produsen mukena Bali. Kami tawarkan model-model mukena terbaru lewat BBM. Awal jualan online dulu, kami hanya menggunakan BBM. Mukena yang kami tawarkan kepada relasi kami pun masih mukena yang pasaran biasa dijual di Pasar Badung – Denpasar.

Awalnya penjualan begitu dahsyat. Baru pertama jualan langsung terima banyak orderan dan repeat order. Maklum saja, Karena kami mulai bisnis ini beberapa bulan menjelang Ramadhan di tahun 2015. Pasca Ramadhan, tak satu pun pelanggan kami yang memesan mukena lagi. Hal ini membuat kami lesu darah dan hampir melupakan bisnis ini.

Sinyal untuk bangkit kembali berawal saat salah satu reseller di Kepulauan Riau minta dicarikan mukena Bali yang branded. Permintaan itu hampir kami tolak karena kami tidak mengenal selain mukena yang umumnya dijual di Pasar Badung. Atas kehendak Allah, kami mulai mengenal produsen yang memiliki branded sendiri. Harganya relatif mahal disbanding mukena yang kami kenal selama ini.

Semangat untuk bangkit juga dikarenakan banyak membaca buku motivasi dan buku tentang facebook marketing. Salah satu buku yang menginspirasi adalah buku “3 Tools Facebook Graph Gratisan” karya Dosen Jualan. Dari inspirasi di buku itu saya banyak  mendapat pertemanan tertarget yang mau dan mampu membeli mukena branded walau harganya di atas rata-rata mukena di pasar grosir.

Perlahan tapi pasti, omset kami mulai meningkat sejak mempraktekkan facebook marketing. Sedangkan jualan dengan BBM agak berkurang. Untuk memperkenalkan dan menguatkan branding, kami sekarang mencoba membuat website http://viezhagaleri.com/

Semoga di awal tahun ini kami bisa belajar lebih banyak. Kami sangat senang jika ke depannya di Bali diadakan pelatihan atau workshop tentang internet marketing. Agar produk-produk khas Bali bisa lebih dikenal dan menghidupkan UKM di sini.





Post a Comment for "Mukena Bali : Peluang Bisnis Mengiurkan Menjelang Bulan Puasa"