Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SDIT terbaik di Jogja


SDIT terbaik di Jogja ini bisa jadi pilihan ayah dan bunda menyekolahkan si kecil. Sebagaimana yang kita tahu bahwa pendidikan sangat penting bagi anak. Pendidikan yang baik harus kita tanamkan pada anak sedari kecil. Maka SD sebagai pendidikan dasar memberikan pengaruh yang cukup besar, karena di masa ini lah anak mulai mengalami tumbuh kembang yang cukup pesat. Baik dari segi pertumbuhan otak/ cara berpikir, perkembangan karakter serta kepribadian. Jadi orang tua tidak boleh asal-asalan saat memilih SD untuk anak.

SD (Sekolah Dasar) memiliki banyak macam nya. Ada yang berbasis SD umum atau Negeri, sekolah swasta, dan ada juga sekolah berbasis agama seperti SDIT (sekolah Dasar Islam Terpadu).

Saat ini SDIT menjadi lebih populer, bukan karena alasan. Melainkan karena banyaknya orang tua yang yang menyadari akan pentingnya pendidikan agama disamping pendidikan umum. Di Jogja sendiri siswa-siswi SDIT mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ini beberapa rekomendasi SDIT terbaik di Jogja yang bisa menjadi pilihan.
Daftar SDIT di Jogja

Berikut beberapa daftar SDIT terbaik di Jogja yang bisa menjadi pertimbangan ayah dan bunda:
  • SDIT Lukman Al-Hakim Yogyakarta


SDIT Lukman Al-Hakim menjadi salah satu SDIT terbaik di Jogja. Memiliki slogan “everyday with Qur’an” yang mana akan mengajak anak didiknya untuk mencintai Al-qur’an. Baik dalam segi pembelajaran maupun pembiasaan lainnya berlandaskan nilanilai Qur’an dan Islam. Lokasi sekolah ini berada di Jl. Timoho II, Gg Delima No.2 Umbulharjo Yogyakarta

  • SD Muhammadiyah Sapen

SD Muhammadiyah Sapen berada di Jalan Bimo Kurdo No.33, Demangan, Gondokusuman, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

 Disini kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lain diharapkan mampu menerapkan prinsip “tut wuri handayani” sehingga pendidikan dilakukan dalam suasana belajar yang menyenangkan dan tidak indoktrinatif. Inovasi dalam layanan pendidikan terus dilakukan kepada siswa sesuai bakat dan potensinya dengan menyediakan kelas Akselerasi, kelas CI MIPA, kelas inklusi, dan kelas bakat dibidang seni dan olahraga serta Tahfidzul Qur’an.

  • Bina Anak Sholeh (BIAS)


Sekolah SD Bina anak sholeh berlokasi di Jl. Mendung Warih No.155, Giwangan, Kec.Umbulharjo.

Salah satu keunggulannya yaitu lingkungan nyaman dan punya target hafalan Quran juz 30 dan juz 1. Biasanya hafalan hanya pada juz 30 saja, namun sekolah ini sebaliknya. Oleh karena itu menjadi salah satu nilai lebih.

  • Global Islamic School (GIS)


Salah satu keunggulan yang menjadikan GIS sebagai Sekolah Dasar Swasta terbaik di jogja adalah adanya international program. Seperti edutrip Singapore, dan homestay london/ melbourne.

Sekolah GIS ini beralamat di Jl. Selokan Mataram, RT 12, RW 11 Sanggrahan, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

  • SD Islam Terpadu Lukman Hakim International (LHI)


SDIT LHI menjadi salah satu rekomendasi SDIT terbaik di Jogja untuk ayah dan bunda menyekolahkan anaknya. Berlokasi di Karanglo, Jagoragan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Adapun beberapa program unggulan dari SDIT LHI yaitu adanya pembelajaran bilingual dengan menggunakan bahasa Inggris, ada juga program tahsin tentang bagaimana membaca Al-qur’an yang baik serta program tahfidz hafalan Al-qur’an dengan target minimal 3 Juz.

  • SD Islam Al-Azhar 31


Sekolah Al Azhar memang sudah terkenal namanya di nusantara. Sekolah ini tersebar di beberapa kota besar Indonesia, termasuk Yogyakarta. Salah satunya, Al-azhar 31 Sinduadi yang beralamatkan di Jalan Padjajaran No.35A, RW Jl. Pogung Lor No.21, Pogung Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman.

Biaya Masuk SDIT


Berbeda dengan biaya SD (Sekolah Dasar) Negeri yang seragam, sekolah swasta islam di Jogja biasanya sangat bervariasi. Ketika hendak memasukkan anaknya ke jenjang SD salah satu yang menjadi perhatian orang tua tentunya adalah biaya. Pendidikan yang berkualitas umumnya sepadan dengan biayanya.

Mengutip dari IMAOS.id tentang hasil survey kisaran biaya sekolah swasta islam di Jogja kami bagi menjadi 3 kategori sebagai berikut:

  • Kategori Low


Pada kategori ini biaya masuk mulai dari Rp 1 – 14 juta. Meliputi gabungan antara sumbangan gedung, uang pangkal, biaya pendaftaran, seragam, iuran tahunan, dan lain-lain.
 Kategori Mid

Dengan biaya yang lebih tinggi, sekitar Rp.13 – 20 juta.  sekolah swasta islam di Jogja pada kategori ini umumnya memiliki fasilitas yang sedikit lebih lengkap daripada kategori Low. Selain itu, program yang ada juga mendukung kegiatan pembelajaran para siswa, seperti study tour, mendatangkan motivator, camping, hingga acara pendalaman keagamaan.

  • Kategori High

Ada harga ada kualitas. Biaya yang bisa bikin geleng-geleng kepala yaitu berkisar Rp. 20 – 25 juta. Kebanyakan sekolah yang ada dalam kategori ini tidak tanggung-tanggung dalam menyediakan fasilitas dan sarana-prasarana yang mungkin bagi sebagian orang terkesan berlebihan.

Itulah beberapa rekomendasi dan daftar SDIT terbaik di Jogja.  semoga informasi ini bermanfaat.

Jazakumullah Khairan.

Terimakasih.

Post a Comment for "SDIT terbaik di Jogja"