Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Om Telolet Om, Fenomena Pantura yang Jadi Sorotan Dunia. Asal Usulnya Seperti Apa?


Hebat! Indonesia tiba-tiab menjadi sorotan di linimasi dunia. Fenomena ‘Om Telolet Om’ menjadi perbincangan hangat di media sosial dan di beberapa media luar negeri. Seperti apakah asalnya fenomena ini terjadi?

Asal mula fenomena ini berawal dari aksi bocah-bocah tanggung di daerah Pantura (Panta Utara) Jawa Timur dalam berburu bunyi klakson bus yang terdengar 'telolet' dan merekamnya dengan telepon seluler. Kegiatan anak-anak tersebut murni hobi untuk mencari kepuasan batin semata. Apalagi jika mereka mendapat suara telolet yang unik dan sudah dimodifikasi.

Dalam memburu telolet, mereka bergerombol dan rela menunggu lama. Ketika bus akan lewat depan mereka, bocah-bocah tersebut akan mengacungkan jempol sambil berteriak ‘Pak Telolet Pak’ ada juga yang teriak ‘Om telolet Om’. Bahkan sebagian sengaja menulis tulisan besar ‘Om Telolet’ pada kertas karton besar agar dibaca oleh supir bus. Setelah mendapat suara telolet, rekaman mereka lalu dipamerkan dengan mengunggahnya ke media sosial, mulai dari Facebook, YouTube dan lainnya.

Dilansir dari beberapa sumber, fenomena ini sudah terjadi sekitar lima sampai enam tahun lalu.
Aksi para bocah di Jawa Timur ini kemudian merambat ke Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, bahkan mulai masuk Jalur Trans Sumatera dan Sulawesi Selatan.

Saking menariknya, tak jarang orang dewasa juga ikut memburu suara klason telolet. Bahkan ada yang membuat komunitas pemburu telolet. Sejumlah nama disk jockey (DJ) ternama dunia seperti dj Snake, Martin Garrix, The Chainsmokers, Marshmello ikut membuat lagu remix tentang telolet ini.

Post a Comment for "Om Telolet Om, Fenomena Pantura yang Jadi Sorotan Dunia. Asal Usulnya Seperti Apa?"