Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Sinusitis Kambuh

Gejala Sinusitis Kambuh

Penyakit sinusitis yang menyerang saluran pernafasan bisa kambuh pada saat tertentu. Salah satu gejala sinusitis kambuh yang paling dijumpai adalah penyumbatan hidung. Simak ulasan berikut ini mengenai penyebab sinusitis kambuh, apa yang dirasakan penderita, dan beberapa pantangannya.

Penyebab Sinusitis Kambuh

Gejala sinusitis pada setiap orang berbeda-beda tergantung pada kondisi dan tingkat sensitivitas penderitanya. Setidaknya ada 4 faktor yang menyebabkan sinusitis bisa kambuh, yaitu antara lain sebagai berikut.

  • Infeksi Saluran Pernafasan

Penyebab utama kambuhnya sinusitis adalah terjadinya infeksi pada saluran pernafasan yang terkadang tidak disadari. Penyebab terjadinya infeksi tidak lain adalah virus yang mengakibatkan gangguan pada saluran pernafasan, seperti influenza misalnya.

Selain itu, sinusitis bisa kambuh akibat adanya adenovirus yang menyebabkan radang dan penyakit pernafasan. Gejala sinusitis kambuh yang terjadi akibat infeksi saluran pernafasan ini awalnya mirip flu biasa, namun bisa juga disertai dengan gangguan lain, contohnya diare.

  • Asap Rokok

Penyebab selanjutnya sinusitis bisa kambuh adalah terlalu sering terkena paparan asap rokok. Penyakit sinusitis sangat rentan kambuh jika penderitanya berada di lingkungan perokok aktif Hal ini karena rambut yang melapisi saluran udara menjadi lumpuh dan tidak bisa menyapu hat berbahaya.
Bagi penderita sinusitis yang disarankan untuk segera menghentikan kebiasaan merokok agar tidak memperparah penyakit ini. Selain itu, hindari lingkungan perokok aktif agar Anda tidak ikut menghirup asapnya.

  • Udara Kering

Udara kering yang dihasilkan dari keluaran air conditioner juga menjadi salah satu faktor penting kambuhnya sinusitis. Pasokan udara kering yang terlalu banyak akan membuat silia tidak berfungsi secara optimal karena iritasi.

Pantangan Bagi Penderita Sinusitis

Setelah memahami gejala sinusitis kambuh, Anda perlu mengetahui apa saja pantangan bagi penderitanya. Pantangan pertama untuk penderita sinusitis adalah dilarang terlalu sering berada di ruangan dengan udara yang kering.

Bagi Anda yang ingin merasakan hawa sejuk disarankan untuk menggunakan pelembab udara daripada AC. Lalu, pantangan selanjutnya adalah penderita sinusitis disarankan untuk menghindari naik pesawat guna menghindari rasa nyeri pada telinga yang sulit untuk ditahan.
Berikutnya, penderita sinusitis disarankan untuk menghindari aktivitas berenang guna mencegah potensi air kolam masuk ke telinga atau hidung. Lalu, pantangan yang harus dipenuhi oleh penderita sinusitis adalah dilarang membuang ingus terlalu kencang.

Apa yang Dirasakan Penderita Sinusitis

Hal pertama yang akan dirasakan oleh penderita sinusitis adalah flu, batuk, dan pilek seperti pada umumnya. Akan tetapi, flu dan gejala iritasi saluran pernafasan tersebut berlangsung dalam waktu lama bahkan bisa semakin parah.

Setelah itu, penderita sinusitis akan merasakan adanya tekanan yang ada di sekitar wajah bahkan nyeri gigi. Lalu, akan muncul rasa sakit di kepala yang tidak tertahankan disertai dengan rasa lelah. Tak hanya itu saja, penderita sinusitis akan mengeluarkan ingus kental dan batuk parah.

Ketika sinusitis kambuh sebenarnya Anda bisa melakukan penanganan sendiri di rumah asalkan dalam catatan tidak terlalu parah. Cara pertama yang harus dilakukan adalah memperbanyak mengkonsumsi air putih serta menghindari minuman dengan kandungan alkohol dan kafein.

Berikutnya, hirup uap air hangat dalam baskom agar saluran pernafasan bisa lancar kembali dan terasa rileks. Apabila Anda tidak ingin menghirup uang secara langsung, maka bisa mengompres hidung dengan air hangat di sekitar hidung dan kening.

Penderita penyakit ini perlu mengetahui bagaimana gejala sinusitis kambuh agar bisa melakukan antisipasi. Selain itu, patuhi segala pantangan yang tidak boleh dilakukan agar penyakit sinusitis tersebut tidak semakin parah. Bagi Anda yang ingin mengobati sinusitas Anda, keluarga adan kerabat Anda, cobalah mencari produk-produk herbalnya mosehat, seperti diuraikan para pemakainya dalam tajuk testimoni mosehat mereka masing-masing.

 



Post a Comment for "Gejala Sinusitis Kambuh"