Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Donasi Online Terpercaya Anti Tipu Tipu

Saat ini, berdonasi sudah bisa dilakukan dengan mudah bahkan sudah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja lewat donasi secara online. Namun, yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih situs donasi online terpercaya. Deretan situs donasi online terpercaya ini bisa dimanfaatkan para donatur online untuk membagikan sebagian rezekinya pada orang-orang yang membutuhkan.

Memanfaatkan situs donasi online terpercaya dinilai sangat praktis karena menghemat waktu dan tenaga bagi seorang donatur. Donatur tidak perlu mendatangi penerima manfaat, cukup klik tombol donasi pada aplikasi donasi online, kirim jumlah donasi Anda, maka pemilik platform aplikasi donasi online akan mengelola dana Anda dan memerikannya pada yang membutuhkan.

Situs donasi online juga memiliki manfaat yang banyak salah satunya donasi menjadi satu pintu sehingga mudah dikoordinir. Itulah mengapa seorang donatur memiliki hak untuk mengetahui laporan keuangan dan kemana saja aliran dana donasi untuk menciptakan transparansi dan kepercayaan antara pengelola situs dengan donatur.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja aplikasi donasi online yang bisa digunakan para donatur online, berikut ini coba kita perluas wawasan terlebih dahulu dengan mengenal apa itu donatur online dan keuntungan jadi donatur online.

Donatur Online

Apa itu donatur online? Seperti diketahui bahwa yang dimaksud donatur adalah orang yang memberikan donasi atau jamak disebut sumbangan berupa sejumlah dana, barang, pakaian dan lainnya kepada suatu lembaga atau yayasan pengumpul donasi baik itu lembaga yang berdiri secara offline maupun online.

Jika dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dijelaskan bahwa donatur didefinisikan sebagai orang yang memberikan sumbangannya berupa uang pada suatu perkumpulan secara tetap. Jadi mereka diartikan sebagai penyumbang tetap.

Sementara donator online dipahami sebagai orang atau sekelompok orang yang memberikan dananya melalui aplikasi atau situs (online). Para donatur online ini mengirimkan dananya dengan niat yang mulia untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Para donatur online ini berbeda-beda, ada yang bertindak sebagai donatur tetap yang secara konsisten memasukkan dananya ke dalam aplikasi, ada yang hanya sekali memberikan donasi, ada yang sering tetapi tidak tetap.

Nah, jika donatur suatu lembaga atau yayasan yang sifatnya offline memiliki hak untuk mengetahui laporan keuangan terkini mengenai pemanfaatan donasi yang diberikan kepada yayasan, termasuk kinerja, hingga perkembangan suatu yayasan, maka para donatur online ini juga bisa memantau perkembangan dari donasi yang diberikan lewat layanan situs aplikasi donasi online.

Para donatur online memiliki hak untuk mendapatkan informasi akurat dan pasti soal penggunaan dana yang sudah diberikannya, termasuk mereka memiliki hak mendapat informasi bahwa dana yang diberikan dikelola dengan transparan dan jujur berdasarkan hukum yang berlaku.

Tidak hanya itu, para donatur online, apalagi jika donatur tetap, memiliki hak untuk mengetahui jumlah dana yang sudah terkumpul, termasuk tujuan diadakannya donasi juga harus diketahui.

Itulah mengapa seorang donatur harus benar-benar tahu situs atau aplikasi donasi online terpercaya. Jadi tidak boleh sembarangan memberikan donasi , pilih situs donasi online terpercaya yang memiliki reputasi baik dan sudah dikenal banyak orang. Rekam jejak situs donasi online terpercaya biasanya akan mudah ditemukan, dengan melihat feedback atau komentar positif yang diberikan donatur.

Situs donasi online terpercaya atau tidak, juga dapat dilihat dari animo masyarakat yang memberikan donasi lewat situs tersebut, semakin banyak yang merekomendasikan maka dipastikan situs tersebut terpercaya.

Sehingga menjadi donatur online juga tetap perlu berhati-hati memilih situs donasi. Terlebih Anda tidak bertatap muka dengan penerima donasi.

Sebab, keuntungan menjadi donatur online sudah pasti sangat mulia. Meski Anda tidak mendapatkan profit atau keuntungan secara materi dengan berbagi, tetapi uluran tangan Anda bisa membantu banyak orang di luar sana yang berkekurangan. Sementara jika berbicara dari sisi agama, menyumbang atau lebih kerennya berdonasi maka akan mendapatkan pahala.

Aplikasi Donasi Online

Tren penggunaan aplikasi donasi online kian popular di tengah masyarakat, sebab masyarakat kini mulai melek teknologi. Hanya saja, tidak semua lapisan masyarakat mampu mengaksesnya dan tahu cara berdonasi lewat aplikasi donasi online. Sebagian juga masih merasa ragu, sebab tidak bertemu langsung dengan penerima donasi.

Tetapi, tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada banyak kok aplikasi donasi online yang kredibel dan selalu transparan soal penggunaan dana para donatur. Bahkan, para donatur bisa memantau perkembangan penyaluran dana yang sudah disumbangkan.

Nah, bagaimana sih ciri-ciri aplikasi donasi online yang terpercaya? Yang pasti situs donasi tersebut transparan dalam melaporkan jumlah donasinya, visi dan misi situs tersebut jelas dan masuk akal, orang-orang dibalik pengelola situs, termasuk pendirinya bukan anonim alias mereka bisa tampil di depan layar sehingga masyarakat bisa tahu dan mengenalnya.

Berikut ini penulis rangkum deretan aplikasi donasi online yang terpercaya. Bahkan berdasarkan survey paling banyak dipakai para pengguna smartphone Android maupun iPhone untuk berdonasi.

Namun, sebagai catatan, masing-masing aplikasi donasi online ini bergerak di berbagai jenis donasi mulai dari tujuan kesehatan, pendidikan, lingkungan, bencana, peduli sesama Muslim, untuk zakat dan lain-lain.

  • KitaBisa

Aplikasi ini diketahui sudah ada sejak tahun 2013 silam. Bahkan situs ini menjadi situs rekomendasi banyak orang untuk melakukan penggalangan dana secara online. 

Tidak hanya individu, namun mereka yang berasal dari kelompok atau komunitas, lembaga, bahkan organisasi memberikan kepercayaan pada situs KitaBisa untuk dijadikan platform terpercaya menggalang dana-dana sosial.

Karena mengedepankan transparantasi pada pengelolaan dana sehingga menjadi rekomendasi banyak orang.

  • WeCare

Situs ini bergerak di bidang  kesehatan, khusus untuk mengumpulkan dana untuk pasien yang kurang mampu. Karena teknologi yang semakin canggih, platform ini bekerjasama dengan para dokter yang menangani pasien.

Tidak hanya itu, kelebihan dari aplikasi ini adalah donatur online memiliki hak atau bisa mengakses informasi mengenai daftar pasien yang akan dibantu.

  • Aksi Cepat Tanggap

Aksi cepat tanggap adalah salah satu lembaga yang bergerak di sektor donasi kemanusiaan, bencana alam, dan lainnya. Berdiri sejak 2005, lembaga ini bahkan sudah memiliki sejumlah relawan sendiri. Bahkan bantuan yang diberikan tidak hanya di dalam negeri, tetapi menjangkau lebih dari 20 negara.

  • Sharing Happiness

Platform ini adalah bagian dari rumah zakat,  yang berbentuk gerakan sosial dibentuk sejak tahun 2015. Pada intinya platform ini sebagai situs berbagi.

  • Dompet Dhuafa

Lembaga ini merupakan suatu lembaga filantropi yang bergerak dibilang sosial kemanusiaan dengan tetap mengedepankan pemberdayaan ummat.

Bagi donatur online yang ingin berdonasi dapat menikmati sejumlah fitur layanan situs ini, misalnya layanan jemput zakat, konsultasi dan lainnya.

  • UNICEF Indonesia

Lembaga ini sudah cukup lama ada di Indonesia, bahkan sudah lebih dari 60 tahun bergerak membantu anak-anak Indonesia di berbagai sektor, seperti pendidikan dan kesehatan.

  • PeduliSehat

Situs ini bergerak di sektor kesehatan. Sehingga donatur online bisa membantu para pasien yang membutuhkan bantuan dana. Intinya aplikasi ini mempertemukan orang sakit dengan mereka yang punya kepedulian meringankan biaya mereka.

  • Hari Anak Yatim

Kami merupakan platform perintis untuk donasi online terpercaya. Kami mengkhususkan diri untuk membantu para yatim piatu dhuafa yang membutuhkan tempat bernaung setiap harinya. Kami juga mempunyai banyak program pendukung di antaranya yatim penghafal quran serta yatim berprestasi.

Buruan jangan takut lagi untuk berdonasi di situs donasi online terpercaya. Semoga bermanfaat. 


Post a Comment for "Donasi Online Terpercaya Anti Tipu Tipu"