Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembicara Literasi Digital Handal & Berkompeten

Pembicara Literasi Digital. Di zaman yang serba canggih seperti ini, teknologi tentunya berkembang dengan sangat pesat. Penggunaan teknologi pun semakin masif, banyak orang dari berbagai kalangan usia bahkan telah mengenal dan akrab dengan teknologi sehari-hari. Contohnya saja adalah smartphone, laptop dan perangkat komputer, televisi, dan sejenisnya.

Untuk mengimbangi perkembangan teknologi, tentu saja penggunanya juga harus semakin meningkat. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan para pengguna itu sendiri? Caranya adalah: dengan literasi digital. Untuk mensukseskan program literasi digital, tentu dibutuhkan  sosialisasi yang massif dan berkelanjutan pada masyarakat. Biasanya model sosialisasi yang kerap dilakukan adalah mengadakan seminar ataupun webinar yakni mengundang pembicara literasi digital berkompeten. Salah satunya adalah Dosen Jualan!

Apakah itu literasi digital?

Merujuk pada buku “Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021)” hasil goresan Devri Suherdi. Literasi digital didefinisikan sebagai sebuah pengetahuan dan kecakapan para pengguna media digital dalam mengunakan berbagai media digital yang tersedia saat ini. Maksud media digital di sini meliputi perlengkapan dan perangkat komunikasi, akses internet, media social dan hal terkait lainnya. Sementara, kecakapan yang dimaksud adalah: kemampuan dalam menemukan, mengerjakan, melakukan evaluasi, hingga menggunakan seluruh perangkat digital dengan cermat, bertanggung jawab secara moral. Literasi digital memiliki beberapa prinsip. Diantaranya adalah:

  1. Pemahaman: merupakan kemampuan untuk menelaah lalu memahami seluruh data dan informasi yang  beredar di media digital itu sendiri. Baik itu secara tersirat ataupun tersurat. Kemampuan pemahaman ini sangatlah penting karena mampu mempengaruhi penafsiran seseorang.
  2. Saling terkait: antara media digital yang satu dengan lainnya harus saling terkait dan berhubungan. Mereka harus dapat saling bersinergi satu sama lain.
  3. Faktor sosial: literasi digital berarti harus saling bertukar informasi antara masyarakat. Kesuksesan jangka panjang sebuah media dapat diukur berdasarkan kemampuannya untuk membagi dan menerima informasi.
  4. Kurasi: Ini berarti, masyarakat sebagai pengguna media digital sebaiknya memiliki kemampuan untuk mengakses, menelaah, memilih, dan menyimpan sebuah informasi.

Agar prinsip dasar tersebut diatas tersampaikan dengan baik, Anda tentunya harus memilih pembicara literasi digital yang mumpuni dan mampu memahamkan Anda. Apakah Anda tengah membutuhkan pembicara yang memahami literasi digital dengan baik? Hubungi Dosen Jualan! Dosen Jualan atau Suryadin Laoddang merupakan konsultan ahli di tim digital marketing berkompeten yang ahli dalam bidangnya.

Suryadin Laoddang telah berkecimpung dalam dunia jualan online semenjak tahun 1998. Beliau telah sukses mendampingi lebih 12.000 UMKM Indonesia sejak tahun 2012. Kemampuannya dalam dunia digital marketing sudah terbukti. Bukan hanya masalah teori, beliau juga sangat memahami praktek digital marketing dan digital literasi.

Dengan mengundang pembicara literasi digital yang berpengalaman, maka audiens pun bisa lebih memahami materi yang ada. Pembawaannya pun sangat fun dan enjoyable sehingga materi tersampaikan dengan sangat baik. Butuh pembicara tentang digital marketing atau literasi digital? Dosen Jualan solusinya!

Faedah literasi digital di Indonesia

Kenapa Anda harus mengundang pembicara literasi digital? Ya tentu saja, dengan mengundang pembicara yang baik maka tujuan dari literasi digital akan tercapai. Literasi digital sendiri memiliki beragam dan berlapis manfaat bagi masyarakat ataupun generasi muda saat ini. Berikut ini penulis sajikan beberapa faedah literasi digital yang layak Anda perhatikan:

Menambah wawasan individu

Faedah literasi digital yang pertama adalah meningkatkan wawasan individu. Melalui literasi digital, Anda dapat lebih memahami, menelaah dan memilah informasi yang didapatkan dari berbagai media. Kemungkinan terperdaya oleh berita hoax & info dan data palsu jadi lebih minim. Literasi digital, sejatinya juga mampu menurunkan resiko salah tafsir informasi melalui kegiatan pemahaman yang tentunya akan lebih baik.

Meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Literasi digital, juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir yang lebih kritis terhadap informasi yang didapatkan. Pengguna informasi digital yang mampu berpikir kritis, menjadi kemampuan yang wajib, tentu agar para pengguna senantias berpikir secara rasional, runtut dan tertata. Berpikir kritis disini tujuannya adalah agar pengguna dapat menemukan keterkaitan antara lontaran informasi dan fakta yang sebenarnya. Dengan mampu berpikir kritis, pengguna bisa menyesuaikan dengan keadaan, lalu mampu mencari alternatif solusi atas masalah dan fenomena yang ada. Tentu, hal ini juga mampu membantu pengguna, agar tidak gegabah ketika merespon sebuah informasi.

Meningkatkan kemampuan verbal

Selanjutnya, literasi digital juga mampu meningkatkan kemampuan verbal seseorang. Kemampuan verbal merupakan kemampuan menyampaikan ide & pemikiran secara jelas melalui kata-kata. Kemampuan verbal akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya informasi yang Anda peroleh melalui media digital.
Memberikan edukasi

Literasi digital juga diharapkan dapat memberikan edukasi pada segenap lapisan masyarakat. Edukasi ini bisa seputar trik dan tips memanfaatkan media digital itu sendiri, serta memahami berbagai informasi dengan baik.. Termasuk, edukasi seputar cara merespon informasi yang didapat.

Memberi batasan

Batasan yang dimaksud disini adalah batasan terhadap hal-hal yang negatif, Contohnya seperti ujaran kebencian. Seseorang yang memiliki literasi digital yang baik paham bagaimana cara berinteraksi di dunia digital. Tidak boleh ada kata-kata umpatan, cacian, hinaan, dan olok-olokan pada orang lain. Hal tersebut sangat dilarang dan akan memberikan efek buruk pada diri Anda sendiri. Entah saat ini atau di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari literasi digital. Keseluruhan manfaat tersebut akan benar-benar maksimal apabila Anda mengundang pembicara yang tepat untuk seminar. Kenapa harus memilih Dosen Jualan? Dosen Jualan telah berpengalaman selama puluhan tahun dalam bidang digital marketing. Mereka juga sangat memahami dunia literasi digital.

Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki oleh pembicara, maka isi pembicaraan yang dibawakannya juga akan semakin berbobot. Para audiens pun dapat bertanya dengan lebih leluasa dan mendapatkan jawaban terbaik. Mengingat pentingnya hal tersebut, Anda tentunya harus memilih pembicara yang ahli dan kompeten. Dimana lagi Anda bisa mendapatkannya kalau bukan di Dosen Jualan!

Pembicara Literasi Digital

Pembicara merupakan seseorang yang menyampaikan ide, gagasan, atau informasi di depan umum. Contohnya di acara seminar khusus atau di webinar (seminar online). Pembicara yang baik adalah mereka yang menekuni bidang yang menjadi topik bahasan. Contoh, jika Anda adalah penyelenggara yang sedang mengadakan seminar literasi digital. Anda tentunya membutuhkan pembicara yang sudah berkecimpung lama dalam dunia literasi.

Lalu, dimanakah Anda bisa menemukan pembicara literasi digital berkompeten dan ahli? Memiliki wawasan dan kemampuan memberikan motivasi pada orang lain? Dan mampu membawakan materi dengan jelas & detail kepada audiens? Dosen Jualan solusinya!

Suryadin Laoddang, beliau merupakan pembicara di Dosen Jualan. Beliau sudah berkecimpung dalam dunia literasi dan digital marketing selama puluhan tahun. Beliau pernah menekuni pekerjaan sebagai staf akademik dan pebisnis. Melalui praktek bisnis langsung di lapangan, beliau jadi memiliki banyak sekali pengalaman dalam bidang bisnis. Tak terkecuali dalam hal literasi digital ini. Bagi Anda yang membutuhkan pembicara literasi digital yang berpengalaman? Anda dapat menghubungi Bapak Suryadin Laoddang.

Jangan sampai Anda salah pilih pembicara. Pembicara yang Anda pilih harus benar-benar menguasai materi yang jadi topik bahasan. Jangan sampai nih, pembicara yang Anda tunjuk ternyata tidak tahu apapun tentang bidang tersebut. Hal ini hanya akan jadi sia-sia, karena materi yang dibawakan jadi tidak mendalam dan kurang sesuai dengan realita di lapangan.

Agar seminar yang Anda gelar semakin sukses dan para audiens dapat manfaat maksimal dengan menghadiri seminar tersebut. Anda sebaiknya mengundang pembicara yang cocok dan tepat. Salah satu rekomendasi penulis adalah Bapak Suryadin Laoddang. Dengan pengalaman telah belasan tahun yang dimilikinya, Insya Allah beliau mampu membimbing audiens mampu memiliki kecerdasarn literasi digital yang bertanggung jawab. Silahkan hubungi Suryadin Laoddang di kontak WA, bit.ly/sapadosenjualan. Bisa juga langsung kontak ke kontaknya 081 327 087 397.

Post a Comment for "Pembicara Literasi Digital Handal & Berkompeten "