Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemuda Harapan Bangsa : Agen Perubahaan Pembangunan Kebudayaan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menyatakan pentingnya pemuda dalam membangun visi, langkah bersama dan terpadu dalam memperkuat posisi kebudayaan sebagai panglima dalam pembangunan Indonesia baru ini.

"Untuk itu, pemuda harus menjadi pilar dan agen pembangunan bidang kebudayaan yang kreatif, handal dan memiliki integritas dalam memajukan peradaban bangsa Indonesia," tutur Agung Laksono saat pembukaan acara membuka Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia(KKPI), di Jakarta, Selasa (7/11/2012) malam. KKPI 2012, kata dia harus menjadi momentum kebangkitan pemuda untuk mengambil peran dalam gerakan kebudayaan, kongres diharapkan menjadi tonggak kebangkitan pemuda dalam pembangunan kebudayaan dan pembangunan bangsa pada umumnya.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pemuda yang telah terpilih hadir dalam kesempatan ini, atas segala karya, sumbangsih pemikiran, kepedulian serta perhatian yang diberikan dalam menumbuhkembangkan kebudayaan.

Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia yang digelar pertama kali ini mengusung tema dan semboyan “Indonesia Aku Bangga, Membangun Karakter, Kreativitas dan Solidaritas, berlangsung hingga 9 November 2012 di Hotel Borobudur Jakarta dan beberapa lokasi lainnya.

Kongres akan menghadirkan narasumber-narasumber serta inspirator yang kompeten di bidangnya yakni: Gede Prama, Firmansyah, Sukesti Martono, Arie Soejito, Edo Kondologit, Innayah Wahid, Nila Riwut, Viky Sianipar, Carmanita, Eko Supriyanto, Dinan Fariz, Supadma Rudana, Saptuari Sugiharto, Ario Sagantoro, Didi Kwartanada, Suryadin Laoddang, Johannes Marbun, Hamah Sagrim.

Agenda KKPI akan difasilitasi oleh moderator Charles Bonar Sirait, Yudi Latief, Sinta Ridwan dan Radhar Panca Dahana.

Disamping kegiatan kongres sebagai agenda utama, kegiatan juga dilaksanakan Pameran/gelar karya prestasi pemuda Indonesia, yang menampilkan karya-karya kreatif anak bangsa di berbagai bidang serta pementasan kesenian berupa Konser Tembang Negeriku, sebuah komposisi istimewa persembahan Dwiki Dharmawan dan pentas seni budaya yang melibatkan 63 musisi orkestra, 19 musisi etnik nusantara, 33 paduan suara, 45 penari serta menampilkan soloist Putri Ayu, Michael So’e, Angel Pieters, Wildan Angklung, Jemek Supardi dan Taufik Ismail.

Working group akan dilakukan secara paralel di beberapa museum besar di Jakarta, yaitu; Museum Nasional, Museum Kebangkitan Nasional dan Galleri Nasional guna membahas rencana aksi untuk masing-masing sub tema sekaligus juga mengenalkan kekayaan Indonesia melalui museum sebagai tempat penyelenggaraan kongres.

Dalam agenda ini juga dilaksanakan program lawatan budaya atau cultural visit untuk mengenalkan pemuda-Pemuda Indonesia potensi budaya yang begitu adilihung yang tersaji di kawasan Kota Tua Jakarta. Kunjungan akan diakhiri dengana agenda aksi dan kreativitas pemuda Indonesia di Museum Bank Mandiri.

Untuk menginspirasi pemuda-pemuda Indonesia, KKPI mengagendakan program Nonton Bareng Film Inspiratif. Beberapa film yang ditayangkan adalah Lewat Djam Malam, premier Atambua 390C dan Batas, yang didahului dengan diskusi dengan film maker.

Dalam penutupan diagendakan dapat tergali visi dan networking yang dikukuhkan melalui ikrar budaya pemuda sebagai wujud komitmen pemuda dalam pembangunan kebudayaan Indonesia. (Eko Sutriyanto)

Sumber : http://m.tribunnews.com/2012/11/07/pemuda-agen-perubahaan-pembangunan-kebudayaan
Foto : Koleksi pribadi

Post a Comment for "Pemuda Harapan Bangsa : Agen Perubahaan Pembangunan Kebudayaan"