Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Donasi Anak Yatim Piatu untuk Bantu Sesama

Donasi anak yatim piatu. Pasti Anda sudah tidak asing lagi mendengar istilah yatim piatu. Walaupun demikian, izinkan kami untuk menjelaskannya kembali. Kata yatim berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti ‘seorang anak yang belum baligh (dewasa) dan ditinggal wafat oleh bapaknya’. Sebaliknya, piatu adalah ‘seorang anak yang belum baligh (dewasa) dan ditinggal wafat oleh ibunya’. Sehingga, yatim piatu merupakan gabungan keduanya, yang artinya anak yatim piatu tidak memiliki kedua orang tua kandung, baik bapak ataupun ibu.

Nah, dari sini Anda sudah bisa membayangkannya, bahwa anak yatim piatu sudah tidak memiliki tempat bersandar, sehingga mereka layak mendapatkan santunan dari orang sekitar. Tentunya, mereka pasti butuh bantuan dari segi apapun, terutama segi ekonomi. Pertanyaannya adalah apakah kita diwajibkan untuk membagikan sedikit harta kepada mereka?

Mari, simak terus penjelasan artikel berikut ini agar Anda tahu jawabannya dengan jelas.

Open Donasi Santunan Anak Yatim

Seorang anak yatim piatu tentunya merasakan kesedihan yang mendalam saat mengetahui bahwa mereka sudah tidak lagi memiliki ayah maupun ibu kandung mereka di dunia. Bagaimana bisa seorang anak yang belum baligh bisa melakukan semua sendiri tanpa kasih sayang, arahan, naungan, fasilitas dari kedua orang tuanya. Padahal, untuk berdiri sendiri pun mereka belum sanggup. 

Maka dari itu, tak heran bila agama Islam selalu menganjurkan kita untuk memberikan perhatian besar kepada anak yatim. Memberikan donasi anak yatim piatu merupakan salah satu hal yang terpuji dan amalan tersebut memiliki bobot yang berat untuk timbangan kebaikan kita nanti. Semoga perbuatan baik yang selalu Anda lakukan mampu menghantarkan diri ke surga. Aamiin Ya Rabbal’alamin….

Lalu, apakah kita wajib memberikan santunan kepada anak yatim?

Begini penjelasannya, di dalam Alqur’an sudah banyak menyinggung perihal anak yatim. Di sana, disebutkan bahwasanya kita sebagai umat muslim harus berbuat baik, memuliakan, mengurus, dan memberi makan anak yatim. Bahkan, bila kita berperilaku buruk terhadap mereka seperti menghardik, memanfaatkan dalam konteks memeras, berperilaku semena-mena hingga mengabaikan mereka, hal itu tergolong ke dalam dosa besar.

Jadi pada dasarnya, Islam memang mewajibkan akan hal memberi santunan terhadap anak yatim. Bukan tanpa alasan, melainkan Islam ingin mengajarkan kepada kita untuk selalu berempati dengan cara memberikan rasa kasih sayang kepada sesama, salah satunya ialah anak yatim, mengingat posisi mereka yang ditinggal pergi selama-lamanya oleh kedua orang tua.

Dengan demikian, bila Anda sudah memiliki niat baik untuk dapat membantu anak yatim, hal paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan membagikan sedikit harta yang Anda miliki. Anda bisa memulai mencari-cari yayasan anak yatim piatu terdekat yang mengadakan open donasi. Jadikan, yayasan tersebut sebagai penyalur santunan Anda terhadap anak yatim piatu.

Yayasan Anak Yatim Piatu Terdekat

Donasi anak yatim piatu biasanya dilakukan oleh yayasan, organisasi, atau komunitas yang bergerak pada bidang pengasuhan anak. Maka tak heran bila, orang-orang donasi yang ingin berkontribusi sedekah memilih yayasan, organisasi, atau komunitas tertentu agar mampu menyalurkan bantuan mereka. 

Namun, perlu diperhatikan juga, Anda harus cermat dalam memilih yayasan yang ingin Anda jadikan sebagai perantara bantuan Anda. Jangan sampai Anda salah menyalurkan donasi dan akhirnya bantuan Anda disalurkan kepada yayasan bodong yang hanya memakan dana gelap.

Sekarang tidak perlu bingung-bingung lagi kemanakah Anda harus mencari supaya Anda bisa menyalurkan bantuan Anda. Salurkan saja santunan Anda pada kami. Yayasan Mitra Yatim merupakan yayasan pengasuhan anak sejak tahun 1999, yang gencar berinisiatif memberikan kepedulian dan aksi nyata untuk membantu anak-anak yatim di panti asuhan. 

Kami akhirnya melahirkan gerakan bersama untuk membantu anak-anak yatim yang diberi nama Hari Anak Yatim. Ingat, kami bukan yayasan bodong. Santunan Anda akan kami berikan 100% kepada yang membutuhkannya. 

Program Rumah Yatim

Berbicara tentang yayasan anak yatim, apakah Anda sudah mengetahui sebenarnya ada program apa saja sih yang diselenggarakan oleh yayasan anak yatim. Yayasan anak yatim juga bisa disebut sebagai rumah yatim. Rumah yatim biasanya memiliki banyak program untuk membantu para anak yatim. Sehingga, kebanyakan rumah yatim akan mengusahakan untuk membuat program mencakup seluruh aspek kehidupan dalam program mereka. 

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Pendidikan

Program rumah yatim dalam bidang pendidikan tentunya sudah tidak diragukan lagi. Justru bila sebuah rumah yatim tidak memiliki program pada bidang ini, sudah sepatutnya dipertanyakan. Pendidikan adalah aspek penting bagi setiap anak yang sedang bertumbuh dan berkembang. Jadi, program ini dapat membantu anak-anak yatim yang tidak mempunyai biaya untuk sekolah. Biasanya bentuk programnya seperti beasiswa ataupun juga dapat berupa hafidz Qur’an.

  • Kemanusiaan

Kemudian, program yang biasanya ada juga di dalam sebuah rumah yatim ialah program yang berkaitan dengan humanity atau kemanusiaan. Biasanya, program ini berbentuk seperti bantuan kepada sesama atau bantuan bencana.

  • Kesehatan

Program selanjutnya yang harus ada di dalam sebuah rumah yatim ialah program di bidang kesehatan. Program ini berguna untuk membantu orang-orang yang kesulitan melakukan pengobatan karena terhalang biaya.

Itu dia beberapa program yang biasanya terdapat di sebuah rumah yatim. Rumah yatim akan selalu berfokus pada pemberian bantuan terhadap sesama, bukan hanya terhadap anak yatim saja, karena memang tujuan utama mereka adalah membantu. Maka dari itu, tak heran bila program-program yang ada di dalamnya berbentuk ‘open donasi’.

Donasi Anak Yatim Online

Di atas sudah disebutkan beberapa program dari rumah yatim dan dikatakan bahwa mayoritas program mereka ialah berbentuk open donasi. Nah, bila berbicara tentang open donasi, kami jadi teringat tentang donasi anak yatim piatu online.

Sekarang sudah jamannya serba digital, kita dengan mudah dapat mengakses dan melakukan apapun secara online hanya dengan bermodal gadget yang tersambung dengan internet. Maka jangan heran bila sekarang donasi pun bisa dilakukan secara online. Tak terkecuali donasi anak yatim piatu. Bahkan bila Anda mencari, Anda akan menemukan banyak platform yang menawarkan penerimaan donasi online untuk membantu Anda menyalurkan bantuan kepada yang membutuhkan. Hal penting yang perlu Anda perhatikan jika ingin melakukan donasi online ialah saldo Anda yang mencukupi.

Website Donasi anak yatim Piatu juga melakukan hal serupa. Kami merancang website kami dengan sedemikian rupa agar Anda dapat dengan mudah menyalurkan bantuan Anda terhadap anak-anak yatim. Seperti donasi untuk Yatim Karena Corona, Sedekah Qur’an Yatim, dan donasi-donasi yang lainnya.

Kami juga merancangnya dengan transparan. Sehingga, Anda bisa melihat dengan jelas berapa banyak nominal yang telah terkumpul dari para donatur. Kami tidak menutupi apapun. Jadi tunggu apalagi? Kami dengan sedia membantu Anda untuk menjadi penyalur donasi bagi anak yatim. Dijamin 100% amanah. 

Sampai jumpa di lain artikel…


Post a Comment for "Donasi Anak Yatim Piatu untuk Bantu Sesama"