Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Platform Donasi Panti Asuhan



Membahas platform donasi panti asuhan saat ini bukan lagi perkara sulit. Ada banyak referensi yang bisa dijadikan acuan sekaligus dimanfaatkan untuk berbagi atau berdonasi. Caranya, tentu saja memilih platform donasi panti asuhan terpercaya yang memiliki izin resmi.
Sebelum membahas lebih jauh soal apa dan bagaimana platform donasi panti asuhan itu, baiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan platform.
Platform adalah sekumpulan perangkat teknologi yang biasanya dipakai sebagai basis atau dasar sebuah aplikasi dikembangkan hingga aplikasi tersebut bisa diakses dan dimanfaatkan banyak orang. Jadi intinya, platform ini merupakan sebuah basis aplikasi.
Sementara panti asuhan merupakan tempat untuk merawat dan mendidik anak-anak yatim maupun anak yatim piatu, hingga anak-anak terlantar. Mereka anak-anak yang kurang beruntun ini ditempatkan ke dalam satu tempat yang kemudian disebut panti asuhan untuk dididik dan dilatih secara mandiri, agar ketika sudah memasuki usia bekerja sudah memiliki keterampilan.
Nah, kemudian lewat platform yang menjadi dasar inilah, sebuah sistem operasi komputer dapat dipakai. Salah satu yang dikembangkan adalah platform donasi panti asuhan. Lewat platform ini memungkinkan banyak orang bahkan di seluruh dunia bisa berdonasi kepada panti asuhan dengan satu klik saja.
Lewat platform donasi panti asuhan memungkinkan siapapun, kapanpun, dan dimanapun orang mengirimkan donasinya, tanpa harus bertatap muka dengan penerima donasi.
Sekilas tentang bagaimana sebuah platform donasi panti asuhan bekerja, memang hampir sama dengan cara kerja platform pada umumnya. Hanya saja, peruntukannya yang berbeda. Jika platform donasi panti asuhan dibuat, maka tujuan utamanya sudah pasti untuk membantu pendanaan panti asuhan yang benar-benar membutuhkan bantuan dana. Apalagi, tidak bisa dipungkiri, ada panti asuhan yang menampung anak-anak yatim yang kondisinya memprihatinkan karena kekurangan biaya. Itulah tujuan open donasi untuk panti asuhan penting untuk digerakkan.
Soal cara kerja platform donasi panti asuhan biasanya akan ada individu, organisasi, atau lembaga yang menjadi inisiator untuk membuka open donasi yang di khususkan pada panti asuhan. Kemudian dibangun sistem kerjasama antara inisiator dengan pemilik platform untuk mengadakan open donasi tersebut atau bisa saja, sifatnya bukan kolektif melainkan platform tersebut sengaja dibuat untuk tujuan menampung donasi khusus panti asuhan.

Platform Donasi Terpercaya

Contoh platform terpercaya yang bisa diajak bekerjasama untuk membuat link donasi panti asuhan seperti KitaBisa, BenihBaik, Rumah Zakat, IndoRelawan, AtapKita, hingga Aksi Berbagi.
Anda yang ingin membuat link donasi panti asuhan bekerja sama dengan platform online, bisa melakukan langkah berikut.
  • Pada platform yang dipilih, Anda akan diminta membuat akun terlebih dahulu lalu mengisi profil. Kewajiban bagi Anda untuk mengisi nama lengkap, nomor telepon, serta username.
  • Mengunggah foto pada kolom yang telah disediakan platform lalu pilih page donasi, jangan lupa tentukan minimal dukungan yang akan diberikan. Misal dimulai Rp5000
  • Unggah konten misal video yang mendukung kegiatan donasi
  • Bagikan link donasi yang sudah Anda buat, agar kamu bisa mendapat banyak dukungan di dunia maya.
Demikian sekilas langkah jika ingin membuat link donasi pada sebuah platform. 
Jika open donasi Anda sudah berhasil mengumpulkan banyak dana, Anda bisa mencairkannya ke panti asuhan terdekat.

PANTI ASUHAN TERDEKAT

Menyalurkan hasil donasi lewat platform memang gampang-gampang susah, meski teknologi sudah memudahkan tetapi belum tentu target yang diinginkan dapat tercapai. Sehingga penting memilih platform yang memang sudah dikenal luas masyarakat atau popular. Tujuannya, tentu saja lebih mudah menarik minat calon donatur, dibanding menggunakan platform yang masih baru dan tidak terkenal.
Salah satu situs donasi atau penggalangan dana yang cukup popular adalah KitaBisa. Untuk mencairkan dana hasil donasi di KitaBisa adalah biasanya Anda akan dimintai dokumen pendukung sesuai dengan kategori serta tujuan open donasi misal untuk panti asuhan.
Pihak KitaBisa kemudian akan mengirimkan dana ke rekening panti asuhan yang Anda tuju. Atau bisa dicairkan untuk diserahkan langsung kepada panti asuhan terdekat di wilayah Anda yang membutuhkan donasi tersebut.
Namun, bagi donatur sebagai inisiator penggalang donasi, baiknya memilih panti asuhan yang benar-benar membutuhkan bantuan. Pasalnya, ada panti asuhan yang sudah memiliki donatur tetap sehingga dari segi pendanaan cukup aman. 
Di sisi lain, ada panti asuhan yang benar-benar membutuhkan dukungan dana untuk menjamin kebutuhan hidup yang layak anak-anak panti asuhan. Sehingga, sebelum melakukan open donasi, pastikan Anda sudah mendata panti asuhan mana saja yang akan diberi bantuan. Jenis bantuan juga sudah pasti berbeda-beda. Ada yang butuh uang, dan ada juga yang membutuhkan bantuan berupa perlengkapan sekolah, pakaian, alat belajar, dan lainnya.
Sehingga, alangkah lebih baik memang jika Anda memprioritaskan panti asuhan terdekat yang ada di daerah Anda. Terutama panti asuhan yang jarang tersentuh bantuan.

BUKA DONASI

Jika Anda sudah memahami bagaimana cara kerja platform donasi panti asuhan, dan sudah menemukan panti asuhan terdekat dari daerah Anda, maka langkah selanjutnya Anda bisa membuat langkah buka donasi untuk panti asuhan ataupun untuk tujuan kemanusiaan lainnya. Seperti dijelaskan di atas, buka donasi bisa dilakukan di berbagai platform resmi dan popular dengan tujuan, tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi dan tergerak hatinya untuk mengirimkan donasinya.

Saat membuka donasi, pastikan visi dan misi atau tujuan buka donasi anda jelas, agar calon donatur percaya dengan gerakan yang Anda buat. Pastikan juga bahwa Anda dan tim memiliki kredibel dalam mengelola dana hasil donasi dengan selalu memberikan update laporan keuangan atau hasil donasi yang sudah terkumpul dengan melampirkan nama-nama panti asuhan yang akan dibantu, lengkap dengan alamat panti asuhan tersebut.

Semua kejelasan data tersebut sangat penting untuk diketahui donatur karena merupakan bagian dari hak donatur. Lampirkan juga bukti-bukti foto atau video hasil penyaluran dari hasil donasi yang sudah Anda buat, ini sangat baik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat atau donator baik bagi platformnya maupun lembaga yang menjadi inisiator.

Bagaimana cara buka donasi di platform donasi online. Berikut cara buka donasi, lima menit jadi. Untuk contoh berikut ini, penulis ambil dari situs penggalangan dana popular Kita Bisa. Bisa saja di setiap platform memiliki langkah verifikasi yang berbeda-beda.

  • Anda harus memiliki akun KitaBisa terlebih dahulu dan sudah login
  • Selanjutnya klik tombol 'Galang Dana Sekarang' pada web
  • Klik tombol Dana bantuan dan lainnya
  • Lalu Anda akan diarahkan mengisi form pengajuan galang dana.
Jika semua data yang dibutuhkan sudah diterima maka Anda akan mendapatkan link donasinya. Link donasi inilah yang kemudian Anda bagikan di media sosial Anda atau ke teman-teman Anda untuk mendapatkan dukungan. Jadi cara buka donasi dan cara buat link donasi hampir sama saja. Untuk lebih jelas soal cara buat link donasi sudah dijelaskan di awal tulisan ini. Jika tujuan Anda untuk donasi panti asuhan pastikan data yang Anda masukkan juga mengenai panti asuhan. Sangat mudah bukan? Kehadiran platform donasi panti asuhan saat ini memang sangat memudahkan donatur untuk bersedekah. Ayo berdonasi!

Post a Comment for "Platform Donasi Panti Asuhan"