Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KOLEKSI PUSTAKA SULAWESI




Telah banyak karib kerabat yang bertanya, kenapa saya tergila-gila dengan pustaka-pustaka Sulawesi? Jujur, saya sendiri tidak tahu kenapa, yang jelas bukan karena pengaruh komposisi genetik yang berkembang dalam tubuh saya. Karena saya juga sempat gila pada pustaka komputer, pengembangan diri, agama Islam, dan susastera. Membaca dan mengumpulkan pustaka Sulawesi bermula sejak saya masih kelas tiga sekolah dasar, makin menggila ketika saya memilih menetap di Yogyakarta sejak 1997.


Awalnya hanya untuk koleksi dan konsumsi pribadi, tapi lingkungan memaksa saya untuk berbagi dengan sekitar saya. Maka jadilah buku koleksi saya juga "dimiliki" dan dimanfaatkan karib kerabat lainnya, sebagai bahan pustaka untuk menyusun tugas kuliah, tugas akhir kuliah, bahan seminar, diskusi atau sekedar menambah wawasan. Berdatanganlah karib kerabat itu dari seantero Yogyakarta juga dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Pekanbaru, Aceh, Mataram, Bali, Kendari, Palu, Malaysia, Singapur bahkan dari Makassar sendiri. Tiga belas mahasiswa yang datang ke rumah iseng saya cecar, kenapa mereka "kurang kerjaan" nyari pustaka itu di Yogyakarta? Jawabnya "di Makassar kanda banyak yang tahu tentang budaya kita tapi mereka pelit berbagi". Hem, tak berani saya menyimpulkan.


Memasuki tahun 2012, atas pertimbangan seringnya buku yang dipinjamkan tidak kembali, jika kembali kadang telah rusak. Maka dengan berat hati, saya menempuh kebijakan untuk tidak lagi meminjamkan koleksi pustaka tersebut, yang berminat silahkan datang ke gubuk kami membacanya. Lebih asyik, kita bisa berdiskusi dan menyeruput segelas teh, plus digodain Rafi sang jagoan kecilku.


Tidak semua koleksi pustaka ini saya beli, banyak diantaranya merupakan hibah dari beberapa kerabat seperti Ivan Taniputer (semarang), Ika Farikha Hentihu (Malang), Renaldi Maulana, Dian Muhtadiah Hamna (Makassar), Andi Rahmat Munawar,  Rasnadia, Palari Demmu (Sengkang),  Noor Sidin (Samarinda), Penerbit Ombak, Sitti Aaisyah Sungkilang, Danial, Juhansar Andi Latif, M. Rusydi Haisal ( Yogyakarta).

Untuk melihat daftarnya klik disini http://www.4shared.com/office/xuWazjkg/BUKU_BUGIS_YANG_SUDAH_DIMILIKI.html


Mariki' diii.

Post a Comment for "KOLEKSI PUSTAKA SULAWESI"