Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KOLEKSI GALIGO : Seri 0 - 9

Oleh : Suryadin Laoddang

GALIGO HARI INI (0):
Coppo bola makkutana,
salima rakkianna,
rempe masagala ?
Betapa mulianya orang itu, sudahlah baik, kedudukannya tinggi, dan selalu dirindukan. Kurang lebih sama dengan ungkapan "Maccani, panritatoni, arungtoni, kepangka'toni"

GALIGO HARI INI (1) :
Temmasiri kajompie,
tania taropalorongna,
Naia makkalu.
Arti Bugis : Tennia agagana naingngauwwi
Arti Indonesia : Mengakui sesuatu yang bukan miliknya

GALIGO HARI INI (2) :
Abbulo peppeko mualo, abbulo rompengko murewe
Arti Bugis : aja murewe pole ritana somperengmu narekko die mulolongengni musappae
Arti Indonesia : Sukseslah ditanah rantau

GALIGO HARI INI (3) :
Bulu temmaruttunna Alla Taala kuonroi maccalinrung, Engkaga balinna Alla Taala na engka balikku; Mettekka tenribali, massadaka tenri sumpala Arti Indonesia : Ibarat Gunung yang takkan runtuh kecuali seijin Allah SWT, Tuhan tempatku berlindung. Takkan ada yang dapat menandingiku, kecuali jika ada yang dapat menandingi Allah yang Maha Kuasa, petuahku tak terbantahkan, pendapatku dan tersanngah kebenarnnya

GALIGO HARI INI (4) :
Mali siparappe, malilu sipakainge, Sirebba tannga tessirebba pasorong, Padaidi pada elo, sipatuo, sipatakkong, siwata menre, tessirui.
Artinya : Saat hanyut kita saling mengulurkan tangan, khilaf kita saling mengingatkan, berbeda pendapat itu syah tapi tidak saling menghina, kita semua punya kehendak, mari buka jalan kehidupan, berdiri sama tegak, saling bahu-membahu bukannya saling menghujat.

GALIGO HARI INI (5) :
Iyya teppaja kusenge rapang pallanggana meriangnge, paccolli loloangngi aju marakko, naiyya tettong batang lame. Artinya : Kurindukan seorang sahabat yang sehati, penyemangat hidup dan jujur bersahaja

GALIGO HARI INI (6)
Iyyami rimarussakmu meleppang mamminaga rimase-maseta. Tirono libukkeng lejjano tana tedde mulainni alemu. Artinya, Kala engkau susah tak sejenakpun engkau jauh dari kami, kala engkau mulia tak sejenakpun engkau dekat dengan kami.

GALIGO HARI INI (7) :
Atutuiwi anngolona atimmu; aja' muammanasaianngi ri ja'e padammu rupa tau nasaba' mattentui iko matti' nareweki ja'na apa' riturungenngi ritu gau' madecennge riati maja'e nade'sa nariturungeng ati madecennge ri gau' maja'e. Naiya tau maja' kaleng atie lettu' rimonri ja'na.

GALIGO HARI INI (8) : oleh SUWANDI MARDAN ;
Naiya indo' tauwe, manyamekkininnawai temmappasilaingeng. Rioloi napatiroang, ritengngai naparaga-raga, rimunriwi napaampiri. Artinya : sesungguhnya pemimpin itu adalah orang yang senantiasa tidak emosional dan tidak diskriminatif. Didepan ia menjadi teladan atau sumber inspirasi, ditengah ia membangkitkan semangat atau sebagai motivator, dan dibelakang ia mengawasi atau membimbing.

GALIGO HARI INI (9) menjawab pertanyaan ADINK CANRAWINATA : ada ga galigo seorang pemengembara merindukan kekasih hati yang jauh d'mato tp dekat d'hati...?
Idi' are'ga, iyya are'ga mallimbang ri mannippi tajengnga ri sewong Artinya : Engkau atau saya yang duluan meninggal, maka kita saling menunggu di Akhirat

Post a Comment for "KOLEKSI GALIGO : Seri 0 - 9"