Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bakso Malang Super


 Kisah Bakso Super          
Waralaba Bakso Malang - Setiap perusahaan memiliki tujuan-tujuan yang telah dipilih di dalam kebijakan-kebijakan perusahaan. Dari sekian banyak tujuan-tujuan yang telah dipilih tersebut, tujuan utama suatu perusahaan yaitu untuk meraih keuntungan. Dengan keuntungan yang diperoleh suatu perusahaan akan dapat mempertahankan kontiunitas usahanya. Perusahan manufaktur merupakan usaha yang bergerak dalam bidang produksi dan operasi. Kegiatan produksi dan operasi merupakan kegiatan menciptakan barang yang ditawarkan kepada pelanggan.

Kegiatan ini mengolah bahan baku menjadi bahan matang yang siap untuk dijual. Kegiatan ini dalam banyak perusahaan melibatkan banyak kegiatan terbesar dari karyawan dan mencakup jumlah besar dari perusahaan. Oleh karena itu, kegiatan produksi menjadi salah satu fungsi utama perusahaan. Fungsi utama lainnya dari kegiatan bisnis perusahaan yaitu fungsi pemasaran dan keuangan. Fungsi pemasaran untuk mencari dan mengembangkan permintaan atas produk yang ditawarkan perusahaan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau potensial pelanggan. Fungsi keuangan untuk mendapatkan sumber dana bagi kegiatan perusahaan dan mengelola sebaik mungkin. Dalam suatu perusahaan diperlukan akuntansi biaya untuk menekankan penggunaan informasi biaya produksi pada biaya yang akan dikeluarkan untuk memproduksi suatu produk.
            Akuntansi merupakan alat komunikasi bisnis yang dapat memberikan informasi tentang laporan keuangan pada periode tertentu. Akuntansi biaya.

menjelaskan bahwa tujuan dari pengendalian biaya ini, disamping digunakan untuk mengumpulkan data biaya dimasa lalu, juga digunakan untuk mengumpulkan biaya standar, guna memperhitungkan selisih antara keduanya. Biaya standar digunakan oleh suatu perusahaan untuk menentukan biaya produksi perusahaan agar dapat dijadikan patokan di dalam kegiatan produksi perusahaan selanjutnya, dalam sistem biaya standar dikenakan atau dibebani biaya baik untuk kuantitasnya maupun untuk nilai uangnya, standar ini ditentukan terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan pembuatan. Maka sistem biaya standar adalah pembebanan kepada produk yang dihasilkan sebesar biaya yang ditentukan di muka oleh perusahaan. Informasi mengenai selisih antara biaya standar dengan biaya sesungguhnya ini disajikan untuk keperluan pengambilan keputusan yang terkait dengan manajemen perusahaan, sebagai dasar penentuan sebab-sebab terjadinya selisih (sebagai realisasi biaya yang sebenarnya terjadi dalam pelaksanaan).
            Analisis selisih nilai inilah yang dijadikan dasar oleh manajemen untuk menghindarkan perusahaan dari penyimpangan dan dari pemakaian biaya-biaya yang sebenarnya dapat dikendalikan, sehingga perusahaan diharapkan terbebas dari pemborosan atau ketidakefisienan biaya yang digunakan, selanjutnya penyimpangan harus dianalisis agar dapat diambil tindakan  koreksi untuk aktivitas berikutnya, dengan demikian kegiatan operasi perusahaan lebih efisien. Informasi mengenai penyebab terjadinya selisih ini dapat dipakai untuk menilai prestasi menejemen perusahaan yang bertanggung jawab atas terjadinya selisih tersebut, terutama pertanggungjawaban kepada pemimpin perusahaan.
            BAKSO SUPER MALANG yang peneliti jadikan sebagai objek penelitian adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pangan yang memproduksi bakso dengan berbagai jenis. Perusahaan ini dalam menjalankan aktivitasnya selalu mencatat anggaran dan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi bakso, seperti daging sapi, ikan tenggiri, tepung kanji, udang, dan sebagainya yang digunakan dalam pembuatan bakso. Sehingga tersaji catatan biaya standar dan biaya sesungguhnya dalam setiap bulannya, dimana catatan biaya standar dan sesungguhnya tersebut sebagai alat informasi untuk mengetahui selisih diantara keduanya, dengan demikian operasi perusahaan diharapkan lebih efisien. Untuk mencapai tingkat yang efisien, perusahaan harus dapat mengoptimalkan penggunaan biaya produksi yang dimilikinya. Disamping itu perusahaan juga harus dapat memperhitungkan masa depan yang penuh dengan ketidakpastian, sehingga dapat merencanakan dan melakukan kegiatan operasinya dengan pencapaian hasil yang maksimal.
            BAKSO “SUPER” MALANG dalam menjalankan usahanya memaksimalkan peran efisiensi dalam usaha mendapatkan laba. Untuk menghasilkan laba maka perusahaan menganalisis biaya standar dengan biaya sesungguhnya, dan unsur proses produksi  sehingga dapat diketahui sebab-sebab terjadinya selisih dan juga sebagai pertimbangan untuk meminimalisir biaya dan memaksimalkan keuntungan.
            Berdasarkan hasil penjajagan yang peneliti lakukan di BAKSO “SUPER” MALANG, peneliti memperoleh catatan biaya standar dengan aktualnya dibagian manajemen keuangan, maka peneliti menemukan masalah yaitu terdapatnya selisih antara biaya standar dengan biaya aktual pada biaya.

ANALISIS  BIAYA BAHAN BAKU STANDAR PADA BAKSO “SUPER” MALANG Jakarta

A.  Identifikasi Masalah dan Perumusan Masalah
1.    Identifikasi Masalah
            Berdasarkan latar belakang penelitian, untuk menghindari ketidakjelasan mengenai permasalahan yang akan dibahas, maka peneliti mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :
a.    Bagaimana penetapan biaya standar atas semua unsur biaya produksi yang ada di BAKSO “SUPER” MALANG.
b.    Bagaimana menganalisis selisih biaya bahan baku antara biaya standar dengan biaya sesungguhnya (actual) di BAKSO “SUPER” MALANG.
c.    Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya selisih biaya bahan baku standar dengan biaya sesungguhnya.
bakso malang, bakso malang enak, bakso malang di batu, bakso malang enak di malang, bakso malang president, bakso malang terdekat, bakso malang 24 jam,

2.    Perumusan Masalah
            Berdasarkan identifikasi masalah yang dibuat peneliti, maka peneliti membuat perumusan masalah sebagai berikut :
“Apakah penetapan biaya standar pada BAKSO “SUPER” MALANG sudah berdasarkan pada penentuan biaya standar bahan baku dalam mengendalikan biaya produksi perusahaan”.
B.  Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.    Tujuan Penelitian
Tujuan dilakukan penelitian adalah sebagai berikut :
a.       Untuk mengetahui penetapan biaya standar atas semua unsur biaya produksi yang ada di BAKSO “SUPER” MALANG.
b.      Untuk menganalisis perbedaan biaya bahan baku antara biaya standar dengan biaya sesungguhnya (actual) di BAKSO “SUPER” MALANG.
c.       Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi terjadinya perbedaan biaya bahan baku standar dengan  biaya sesungguhnya pada BAKSO “SUPER” MALANG.

2.    Kegunaan Penelitian
2.1 Kegunaan Praktis
a.    Bagi Peneliti
            Penelitian ini berguna bagi peneliti sebagai sarana dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan pemahaman secara nyata mengenai teori yang diperoleh dari perkuliahan dengan kenyataan yang ada dilapangan, khususnya akuntansi biaya, pengenalan masalah biaya-biaya produksi perusahaan secara empirik dan terutama dalam mengenai selisih biaya standar dengan biaya sesungguhnya.
produk atau jasa, dengan cara-cara tertentu serta penafsiran terhadapnya.
            Pihak manajemen dapat memperoleh informasi secara  tepat dan cermat dengan menggunakan akuntasi biaya, sehingga penentuan dan pengendalian biaya dapat dilakukan dan kegiatan perusahaan dapat diarahkan kepada tingkat yang paling efektis sesuai dengan kemampuan perusahaan dapat dilihat dari kemampuan memperoleh laba yang diperoleh dalam melaksanakan usaha. Pihak manajemen perusahaan dalam mempertahankan suatu kontinuitas usaha maupun laba yang akan dicapai oleh perusahaan harus melakukan perencanaan dan pengendalian yang baik. Salah satu pengendalian biaya yang terpenting diantaranya pengendalian biaya produksi karena biaya produksi merupakan biaya terbesar yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan.
            Pengertian biaya produksi menurut Rudy (2020 : 14) adalah sebagai berikut, Biaya Produksi merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengelola bahan baku menjadi produk jadi siap untuk dijual.
            Alat yang digunakan sebagai tolak ukur atau patokan dalam pengendalian biaya produksi tersebut adalah penentuan biaya standar. Biaya standar  merupakan alat yang penting didalam menilai pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya dan biaya standar memberikan kepada pihak manajemen, berapa biaya yang seharusnya disiapkan untuk melaksanakan kegiatan tertentu, sehingga memungkinkan pihak manajemen melakukan pengurangan degan cara memperbaiki metode produksi

Waralaba Bakso Cak Masrur 
Bakso asli malang yang pusatnya ada di Kota Jogja Kami hadir sudah lama dan kami memiliki Aneka menu : Bakso Halus, Bakso Urat, Bakso Ayam, Siomay Bakso, Mie ayam, Aneka pangsit goreng dan Minuman.
Tidak ada pengawet sama sekali dan mengunakan daging Sapi. untuk Soal Harga Paket Bakso mulai dari 10 Ribu.
Jika Anda bergabung Waralaba Bakso Cak masrur Kami akan Support Anda untuk mendapatkan berhasil balik Modal dan menjadi Pengusaha sukses nantinya

Informasi Lebih Lanjut

Handphone : 0851-0686-1155
Email : Cakmasrur13@gmail.com
Alamat : Jalan Polisi Istimewa No.6 Timoho Jogja

CHAT WHATSAPP

Post a Comment for "Bakso Malang Super"

Berlangganan via Email