Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekolah Manager Digital Marketing di Indonesia hanya ada di Jogja

Sekolah Manager Digital Marketing di Indonesia hanya ada di Jogja

Sejak 2009, jutaan kegiatan dan edukasi telah digelar oleh berbagai pihak. Baik yang dilaksanakan oleh event organizer, oleh perusahaan provider pelatihan, komunitas bisnis dan non bisnis, hingga yang dilaksanakan secara mandiri oleh trainernya sendiri. Kegiatan dan program tersebut digelar dalam format sosialisasi yang beragam. Ada seminar internet marketing, yang isinya berupa seminar pengenalan. Sebagai funneling marketing menuju sebuah workshop.

Worskhop digital marketing juga ada, biasnya dibuat dalam jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan seminar. Bisanya dibuat dalam rentang waktu satu hari full atau bahkan dua hari. Seringnya diadakan di Hotel atau tempat meeting lainnya. Kadang peserta menginap di lokasi workshop.

Selain seminar dan workshop seperti diceritakan diatas, ada juga yang menggelar dalam format boot camp. Program ini lebih lama lagi, biasanya empat hingga lima hari. Dimana biasanya peserta belajar dari pagi hingga tengah malam dan dilanjutkan tidur di lokasi acara. Di Kampus Dosen Jualan binaan penulis (Suryadin Laoddang), program ini diberi label acara Pekan Raya, biar lebih nasioanalis dan cinta Bahasa Indonesia. Sejak 2018, Kampus Dosen Jualan yang berdomisili di Piyungan Bantul Yogyakarta ini sudah pernah menggelar event Pekan Raya SEO, Pekan Raya Instagram, Pekan Raya Market Place. Tahun 2021 direncanakan menggelar acara Pekan Raya Facebook Organik, Pekan Raya Iklan Berbayar, Pekan Raya Youtube Marketing dan masih banyak program lainnya.

Masih adalagi program pendidikan digital marketing selain 3 nama program diatas. Ada juga program inkubator. Yah formatnya adalah format Inkubasi, dimana peserta selain belajar ilmu jualan online, peserta juga diharus berada dilokasi acara dan diwajibkan praktek dengan pengawasan dari trainer atau mentornya. Di Kampus Dosen Jualan, program inkubator ini sudah berjalan hingga 77 angkatan. Terhitung sejak bulan oktober 2014 hingga saat tulisan ini dibuat (1 Februari 2021). Selain program Inkubator Jualan Online, juga ada program Inkubator SEO yang sudah menginjak pada Batch 7 saat ini.

Sayangnya.....

Semua program itu masih fokus mengedukasi tentang trik ditigal marketing, tehnikan online shop untuk jualan online. Out put-nya berupa lulusan yang menguasai tehnik dan trik jualan online. Lulusannnya khatam urusan menggunakan berbagai media jualan online untuk memaksimalkan hasil penjualan mereka. Selesai belajar di program-program seperti disebutkan diatas, niscaya mereka akan layak disebut CEO bagi jualan mereka. CEO yang dimaksud disini adalah Chief Everthing Officer bukan CEO yang sebernarnya, yakni Chief Executive Office.

Lulusannya program-program tersebut diatas, jika tidak membuka bisnis sendiri, minimal mereka menjadi operator atau karyawan di UMKM atau bisnis yang bergerak di bidang pemasaran online. Jika itu masih tataran UMKM rumahan, start up kalo kata anak muda sekarang mah. Maka tentu itu sudah lebih dari cukup.

Jago Jualan Saja Gak Cukup, Anda butuh Ilmu Manajerial

Namun ..

Semua ilmu tehnikal itu tidaklah cukup bagi UMKM yang ingin bertumbuh. Dari Start Up menuju Grow Up lalu nanti bergerak menjadi Scale Up dan bahkan hingga di level Extreme Scale Up. Di fase pertumbuhan itu, terkait dengan digital marketing-nya, dibutuhkan jumlah tim yang tidak sedikit. Karena sejatinya semua bagian digital marketing memang butuh kerja tim. Butuh beberapa orang yang fokus mengerjakan sebuah pekerjaan sesuai dengan job desc-nya masing-masing, kalau kata orang pemerintahan sesuai dengan tupoksinya masing-masing. TUPOKSI itu singkatan dari tugas pokok dan fungsi. Aneh yang bagi anak millenial dan generasi z. Dalam sebuah organisasi atau divisi digital marketing, dibutuhkan personil diantaranya :

1.  Bagian Research and Development disingkat RND

2.  Bagian Content Production, nah ini saja sudah terpecah lagi menjadi beberapa bagian, diantaranya ;

a.       Content Planner

b.      Copy Writer

c.       Content Writer

d.      Script Writer

e.       Design Grapher

f.        Video Production

g.       Video Grapher

h.      Photo Model Talent

i.        Video Model Talent

j.        Voice Over

3.      Bagian Back End,

4.      Bagian Publisher

5.      Bagian SEO, SEM

6.      Bagian Advertiser

7.      Bagian Content Monev

8.      Bagian Costumer Relation, ini juga terpecah menjadi beberapa bagian, diantaranya ;

1.      Deal Maker

2.      Lead Generator

3.      Lead Acquisition

4.      Tele Marketing

5.      Costumer Hanling Complain

6.      Marketing Communication

9.      Bagian Logistik

 10.      Bagian Distribusi

Seperti apakah tugas atau job desc mereka, nanti akan dibahas di materi selanjutnya dan akan diurai dalam 20-an artikel di website resminya Sekolah Manajer Digital Marketing, ditunggu yah..

Sayangnya...

Saat ini masih jarang, bahkan mungkin tidak ada pelatihan atau program sejenisnya yang fokus membahas masalah ini. Bagaimana mempersiapkan seseorang yang memiliki skil mengatur dan mengolah para personil dari tim digital marketing seperti diuraikan diatas. Jangankan mendapatkan manajernya, sekedar merumuskan apa saja seharusnya pekerjaan masing-masing tim, saat ini belum ada yang mau dan berani meramunya dan bahkan mau membagikannya ke khalayak luas. Kecuali Dosen Jualan, personal branding dari Suryadin Laoddang. Sejak tahun 2017, Dosen Jualan sudah mengajarkan ilmu ini kebanyak alumninya, dalam format workshop dan privat terbatas.

Apa Sih Manager Digital Marketing itu?

Dalam sebuah wawancara. Kepada Admin, Dosen Jualan menjelaskan. “Seorang Manager Digital Marketing adalah mereka yang memiliki skill dan pengetahuan tentang bagaimana menjadi leader, menjadi partner, menjadi pengayom semua SDM yang mengurusi digital marketing itu sendiri”

Tugas pokok dari seorang manajer digital marketing adalah;

1. Merencanakan kampanye komunikasi pemasaran melalui pemasaran online

2. Melaksanakan semua rencana kampanye komunikasi pemasaran

3. Mengukur kampanye komunikasi pemasaran yang sedang dan telah berjalan

4. Mengevaluasi kampanye komunikasi pemasaran yang telah berjalan

5. Mengsempurnakan kampanye komunikasi pemasaran yang tidak berjalan maksimal

6. Mengidentifikasi tren-tren terkini baik tentang tehnikal mau maupun manajerial digital marketing itu sendiri

7. Merencanakan strategi pertumbuhan bisnis dengan pendekatan pemasaran online

8. Berkolaborasi dengan mitra vendor terkait

Rincian pekerjaan pokok manajer digital marketing diatas, sayangnya belum banyak meramu dan mengajarkannya. Kecuali oleh Suryadin Laoddang, yang sudah mengajarkannya sejak 2017. Namun karena permintaan yang banyak dan keterbatas waktu dari Suryadin Laoddang sendiri, maka diputuskanlah untuk melembagakan pelatihan-pelatihan yang pernah dibuat sebelumnya.

Sekolah Manajer Digital Marketing Pertama di Indonesia

Sekolah ini sendiri adalah pengembangan atau bahasa kerennya adalah Scale Up dari Kampus Dosen Jualan (KDJ) yang sudah berdiri sejak tahun 2014. Pengalaman KDJ membuka kelas pelatihan tehnik digital marketing dengan lebih dari 2.000 alumni, ditambah pengalaman mengelola tim sendiri, tim alumni, klien atau mitra dan beragam pengalaman hingga wawasan dari hasil diskusi lainnya. Maka sekolah ini resmi dinyatakan berdiri sebagai sebuah lembaga sejak 1 Oktober 2020, bersamaan dengan Milad KDJ yang ke-6.

Selain digawangi oleh Dosen Jualan, Sekolah Manajer Digital Marketing ini juga digawangi oleh tim Dosen Jualan Group lainnya. Selaku Co Founder sekolah ini, adalah Ibu Lia Ulfathun K. Yang juga berpengalaman membangkitkan kembali Kampus Dosen Jualan pasca terpuruk karena efek pandemi Covid 19, yang memaksa KDJ tutup sejak Maret hingga Juli 2020. Lia Ulfthun sendiri sebelumnya berpengalaman mengelola beberapa perusahaan di Batam dan di Yogyakarta yang banyak bergerak dibidang Costumer Relationhsip Management dan Human Capital.

Bismillah, mohon ijin kepada warga dan kawula Yogyakarta. Juga kepada para nitizen negeri +62, juga kepada warga negara berfollower Indonesia dan tentunya kepada jamaah kaum bisnis langitan, pelaku Imers di Indonesia kami mohon doa restu dan dukungannya, kami hadirkan Sekolah Manager Digital Marketing untuk Indonesi dan Dunia.
Kelas Reguler akan mulai berjalan pada bulan 1 Juli 2021. Sementara kelas non reguler, seperti privat, mentoring hingga inhouse training sudah mulai berjalan sejak 1 Oktober 2017 dan terus dibuka selaras dengan program reguler. Apa itu kelas Reguler, tunggu penjelasannya artikel berikutnya yah.

 

 

Post a Comment for "Sekolah Manager Digital Marketing di Indonesia hanya ada di Jogja"

Berlangganan via Email